Penting, Begini Cara Memilih Lampu yang Tepat Agar Tidak Merusak Mata, Jangan Sembarangan!

- Jumat, 10 Juni 2022 | 15:54 WIB
Lampu Hias Lilin Elektronik (Ruswanti)
Lampu Hias Lilin Elektronik (Ruswanti)

Jakarta, HarianHaluan.com – Lampu merupakan salah satu benda wajib yang harus ada di dalam rumah, Namun, ternyata untuk memilih lampu yang akan dipakai di rumah tak bisa sembarangan, ada beberapa aspek yang harus diteliti khususnya demi kesehatan agar tidak merusak mata.

Oleh karena itu, tips memilih lampu yang tepat pada suatu ruangan sebaiknya disesuaikan dengan aktivitasnya.

"Misalnya aktivitas menulis atau membaca. Lampu yang terang seperti dengan temperatur 6.500 kelvin atau 4.000 kelvin itu tidak merusak mata." Jelas Yudith Nurwulan, public relation dan business development dalam Media Gathering in-Lite, di Jakarta, dikutip dari Kompas.com Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: Ardhito Pramono Telah Usai Rehabilitasi: Maafkan Kesalahan Saya dan Izinkan Kembali Berkarya

Sebagai informasi, lampu dengan temperatur 4.000 sampai 6.500 kelvin dapat menghasilkan pencahayaan terang bernuansa agak kekuningan hingga putih. Warna lampu seperti ini cocok digunakan untuk aktivitas seperti menyelesaikan tugas kantor, membaca, menulis dan berbagai aktivitas lainnya.

Sementara lampu berwarna putih juga dapat membantu kita dalam berkonsentrasi dan lebih fokus ketika mengerjakan sesuatu.

Di sisi lain, lampu dengan pencahayaan dan warna terang dapat memberikan efek pencahayaan yang lebih natural. Sehingga, mata dapat merasakan nyaman ketika melakukan sesuatu, apalagi dengan intensitas yang rutin.

"Kita tidak pernah sadar kenapa kantor-kantor warna lampunya putih. Karena efek lampu putih berdampak pada psikologis, misalnya kita jadi lebih bersemangat." "Bayangin kalau kantor lampunya redup, kita bisa malas-malasan," sambung dia

Baca Juga: Kesaksian Atalia Istri Ridwan Kamil: Eril Ditemukan Dalam Kondisi Tersenyum

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X