Jangan Sepelekan, Kenali Berapa Banyak Kalori dalam 1 Centong Nasi Putih

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:21 WIB
Nasi Putih Sumber Pangan Karbodrat (Suryo-ObatNews)
Nasi Putih Sumber Pangan Karbodrat (Suryo-ObatNews)

HARIANHALUAN - Kalori merupakan salah satu energi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Ada batasan dalam mengonsumsi kalori agar tidak berlebihan.

Jumlah kalori dalam satu centong nasi akan sangat ditentukan pada jenis nasinya. Ya, apakah itu nasi putih, nasi merah, atau nasi coklat.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Diabetes, Segera Ganti Nasi Putih dengan Kol Cincang

Namun, karena dominan orang Indonesia makan nasi putih maka artikel ini pun akan membahas kalori nasi putih. Jadi, berapa jumlah kalori pada satu centong nasi putih?

Menurut database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat, semangkuk nasi mengandung sekitar 242 kalori. Satu centong nasi itu juga mengandung 53 gram karbohidrat dan sedikit sekali seratnya.

"Sebagian besar karbohidrat pada nasi putih itu dalam bentuk pati dan sebagian lainnya adalah gula," tulis laporan Live Strong, dikutip dari INews.id, Kamis, 16 Juni 2022.

Baca Juga: Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah

Jika Anda adalah orang yang mengatur asupan kalori harian, konsumsi nasi putih harus sangat dibatasi. Sebab, satu centong nasi, sebagian besar akan menjadi pati.

Nasi putih itu memiliki indeks glikemik 73 yang artinya akan meningkatkan gula darah secara signifikan. Beda dengan beras merah yang indeks glikemiknya lebih kecil yaitu 68.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X