Hati-Hati Kecanduan Game Online, Berikut Dampaknya!

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:32 WIB
ilustrasi/foto: istock
ilustrasi/foto: istock

HARIAN HALUAN- Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar.

Seseorang yang mengalami adiksi, disamping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.

Dilansir dari sehatnegeriku kemenkes.go.id. demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM.

“Struktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi kalau kita lihat otaknya pakai MRI. Ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex”, tutur dr. Siste.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Percepat Vaksinasi dan Pemberian Obat, untuk Mencegah Meluasnya PMK

Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap suatu hal),fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan funsi inhibisi ( kemampuan untuk membatasi).

“Adanya perubahan otak membuat dirinya sulit mengendalikan perilaku impulsive. Sering pasien bilang sama saya, udah bosen main (game) tapi gak bisa berhenti. Karena memang otaknya sudah berubah, fungsi otak yang berfungsi untuk menahan perilaku untuk tidak impulsive itu sudah terganggu. Padahal dia sendiri sudah tidak menikmati, tapi tidak bisa berhenti karena kehilangan kontrol tadi”, terangnya.

Baca Juga: Menko Airlangga: Mekanisme Pendanaan Penting Untuk Memenuhi Financing Gap dalam Mewujudkan Ekonomi Hijau


Salah satu contohnya adalah dikarenakan terbiasa untuk mendapat reward cepat seperti yang didapatkan pada saat bermain game, mereka menjadi susah menunda keinginan.

“Misalnya lapar dia meminta makan harus saat itu ada makanan, marah saat ada delay”, terang dr. Siste.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X