Anda Butuh Kaca Mata? Berikut Cara Klaim Kaca Mata Gratis dari BPJS

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:56 WIB
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan. Layanan Kelas BPJS Kesehatan 1,2 dan 3 bakal dihapus Juli 2022, berikut tarif iuran per bulannya dan perbedaan kelas standar PBI dan Non PBI. (Kompas) (Ida Farida)
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan. Layanan Kelas BPJS Kesehatan 1,2 dan 3 bakal dihapus Juli 2022, berikut tarif iuran per bulannya dan perbedaan kelas standar PBI dan Non PBI. (Kompas) (Ida Farida)

Jakarta, HarianHaluan.com – Apakah anda membutuhkan kaca mata? Belum banyak yang tahu jika saat ini peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan kacamata secara gratis. 

Sebagai informasi, pembelian kacamata yang ditanggung#BPJS menggunakan skema subsidi. Artinya, jumlah dana yang akan Anda terima untuk membeli kacamata disesuaikan berdasarkan besaran subsidi yang tersedia sesuai dengan ketentuan. 

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat membeli kacamata dengan#BPJS Kesehatan, seperti yang dirangkum dari SehatQ dan CNBC Indonesia:

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Cara Nonaktifkan BPJS Mandiri Secara Online dan Offline

  1. Datangi faskes tingkat I

Langkah pertama, anda diwajibkan untuk mendatangi fasilitas kesehatan tingkat I terdekat dari rumah anda. Faskes tersebut dapat berupa puskesmas, klinik, atau dokter sesuai dengan yang tertera pada kartu#BPJS Kesehatan Anda.

Lalu, mintalah surat rujukan, kemudian tunjukan surat rujukan tersebut kepada dokter spesialis mata atau poliklinik yang bekerja sama dengan#BPJS Kesehatan.

  1. Kunjungi dokter spesialis mata

Setelah sampai di faskes tersebut segera kunjungi dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan terkait mata anda, kemudian mintalah resep kacamata juga.

  1. Legalisir resep

Peserta#BPJS Kesehatan harus melegalisir resep dari dokter spesialis tersebut agar bisa digunakan. Caranya tinggal mendatangi loket#BPJS kesehatan terdekat, lalu meminta legalisir dari petugas yang tengah bekerja di sana.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Sesuai Gaji Berlaku Bulan Depan, Jadi Berapa?

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: SehatQ, CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X