Wabah PMK Marak, Ini 5 Cara Pilih Hewan Kurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

- Senin, 27 Juni 2022 | 16:31 WIB
Ilustrasi hewan kurban untuk Idul Adha 2022 (pexels.com)
Ilustrasi hewan kurban untuk Idul Adha 2022 (pexels.com)

HARIANHALUAN - Mendekati pelaksanaan ibadah hewan kurban di hari raya Idul Adha, publik Tanah Air dihebohkan munculnya wabah PMK (penyakit mulut dan kuku). Maka itu, kaum Muslimin diimbau lebih cermat ketika membeli hewan kurban hewan kurban.

Cara memilih hewan kurban kambing yang benar wajib diketahui diketahui kaum Muslimin jika ingin menyembelih pada hari raya Idul Adha nanti. Hal ini dimaksudkan agar hewan yang dikurbankan sesuai syariat yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Ini Doa Sembelih Hewan Kurban untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Muslim Wajib Tahu!

Hukum berkurban adalah sunah muakkadah, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan sekali (kuat). Dengan berkurban, umat Islam telah melakukan upaya kepatuhan dan ketaatan sebagai makhluk kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Namun sebelum berkurban kambing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Okezone.com, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Antisipasi Penularan PMK Pada Sapi, Hewan Kurban di Pesisir Selatan Dilengkapi Suket Sehat

1. Pastikan hewan kurban sehat

Cara memilih hewan kurban kambing yang benar pertama adalah dengan memastikan kambing benar-benar fit. Pastikan hewan tersebut sehat dan bebas dari penyakit.

Adapun ciri-cirinya secara umum berdiri tegap, bulu hewan bersih dan mengilap, tidak kurus dan lincah, cara bernapas normal, suhu badan maksimal 39 derajat Celcius, tinja dan urine normal serta anus bersih. Lalu perhatikan lubang kumlah (lubang hidup dan mulut), harus bersih dan tidak berlendir, jangan sampai mengeluarkan darah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X