Mengenal Beberapa Istilah dalam Tabir Surya, Mulai Dari UVA UVB Hingga SPF Beserta Artinya

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:39 WIB
Pengertian dan Cara Kerja Mikdrodemabrasi, Perawatan Peremajaan Kulit yang Tengah Naik Daun (THINKSTOCK.COM)
Pengertian dan Cara Kerja Mikdrodemabrasi, Perawatan Peremajaan Kulit yang Tengah Naik Daun (THINKSTOCK.COM)

Jakarta, HarianHaluan.com - Tabir surya merupakan garis pertahanan terbaik pada kerusakan akibat sinar matahari, yang bisa menyebabkan segala sesuatu mulai dari tanda-tanda penuaan hingga kanker kulit. Namun, saat melihat kemasan tabir surya, Anda tentu melihat beberapa istilah yang mingkin Anda tidak tahu.

Padahal dengan memahami label ini bisa membantu Anda memilih tingkat perlindungan terbaik untuk Anda. “Anda hanya ingin mengambil botol dan pergi, namun ada banyak hal yang harus dipikirkan,” kata dokter kulit Debra Jailman. Berikut beberapa istilah yang sebaiknya Anda pahami.

UVB
“Selama beberapa dekade, apa yang sebagian besar diakui sebagai sumber kerusakan akibat sinar matahari adalah sinar UVB. Itu adalah alasan utama mengapa kita menjadi merah dan terbakar, meskipun sentuhan UVA juga menyebabkan ini,”kata dokter kulit Ranella Hirsch.

Baca Juga: Bawa Misi Perdamaian, Potret Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Naik Kereta Luar Biasa ke Ukraina

UVA
Tabir surya melindungi kulit dari dua jenis sinar ultraviolet: ultravioletA (UVA) dan ultavioletB (UVB). “Sinar UVA adalah sinar yang menembus lebih dalam. Itu adalah sinar yang menyebabkan perubahan pigmen, tetapi juga sinar yang menyebabkan kanker kulit dan menyebabkan penuaan dini,” kata Dr Jailman.

Spektrum yang luas
“Seiring ilmu pengetahuan dan komunitas dermatologis mulai lebih memahami pentingnya sinar UVA terhadap kerusakan akibat sinar matahari, tabir surya dikembangkan untuk menyertakan perlindungan UVA, dan istilah spektrum luas digunakan oleh produsen untuk menunjukkan hal itu. Jadi pada tahun 2011, Food and Drug Administration, badan pengawas di Amerika Serikat yang mengawasi peraturan tabir surya, memperkenalkan standar tertentu yang memenuhi syarat untuk perlindungan UVA yang cukup untuk memenuhi label spektrum luas,” kata Dr. Hirsch.

PA++++
Sistem PA merupakan singkatan dari Protection Grade of UVA. Jadi sama seperti SPF namun untuk sinar UVA. Ini dikembangkan di Jepang pada tahun 1996, dan sejak itu sudah diadopsi oleh negara lain. Ini didasarkan pada PPD, penggelapan pigmen yang persisten. “PPD mengukur beberapa peningkatan UVA yang dapat dialami seseorang tanpa mengalami penggelapan kulit,” kata Dr. Hirsh.

Baca Juga: Razman Arif Nasution Laporkan Artis Uya Kuya ke Polda Sumut

SPF
Ini menjadi label yang paling kita kenal. “SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Ini adalah ukuran seberapa baik tabir surya melindungi kulit kita dari terbakar dengan paparan sinar UVB, serta pengukuran berapa lama kulit yang dilindungi diperlukan untuk terbakar dibandingkan dengan kulit yang tidak terlindungi,” kata dokter kulit Lindsey Zubritsky.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X