6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

- Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB
Ilustrasi ( Sasin Tipchai dari Pixabay )
Ilustrasi ( Sasin Tipchai dari Pixabay )

HARIANHALUAN - Seks setelah operasi caesar bisa sangat menakutkan. Kamu mungkin ingin melindungi perut bekas operasi dengan segala cara. Bahkan setelah dokter memperbolehkan, bekas luka serta area di sekitarnya bisa terasa sakit. Kamu pun masih ragu untuk berhubungan seks, karena masih merasa khawatir.

Selama enam minggu pertama setelah operasi, dokter akan meminta kamu untuk mengistirahatkan panggul, yang artinya tidak ada yang boleh masuk ke dalam vagina. Baik itu tampon, douching, berenang di kolam renang, dan tentu saja berhubungan seks.

Baca Juga: Awas! 3 Posisi Seks Ini Ternyata Bisa Berakibat Fatal

“Biasanya pada kunjungan enam minggu pasca persalinan, kamu akan diperiksa dan kemudian Anda akan diberi lampu hijau untuk berhubungan seks lagi. Namun, hanya karena kamu diberi lampu hijau tidak berarti kamu harus melakukannya, sampai benar-benar siap melakukannya,” kata OB-GYN Dr. Sherry Ross, M.D dikutip dari Popbela.com, Minggu, 3 Juli 2022.

Sayangnya, hubungan seksual bisa terasa menyakitkan pada awalnya. Beberapa penyebabnya adalah penyembuhan bekas luka operasi caesar di perut bagian bawah, payudara yang terlalu besar dan sakit karena menyertai menyusui, transformasi fisik tubuh, dan roller-coaster emosional yang terkait dengan periode pasca persalinan.

Baca Juga: Posisi Seks Ini Bisa Bikin Penis Patah, Jangan Terlalu 'Liar' Ya!

Setelah lebih dari enam minggu dan kamu sudah merasa siap untuk berhubungan seks, pikirkan posisi seks yang nyaman dilakukan dan yang harus dihindari setelah operasi caesar. Komunikasikan secara terbuka dan jujur ​​dengan pasangan sehingga dia mengerti persis apa yang kamu alami.

Posisi seks yang harus dihindari setelah operasi caesar

Hal yang paling penting untuk diingat adalah menunggu sampai Bela benar-benar pulih dari rasa sakit bekas sebelum mencoba berhubungan seks. OB-GYN Dr. Barbara McLaren, M.D. mengatakan, “Periode pemulihan ini sangat penting untuk penyembuhan yang tepat dan menghindari komplikasi. Setelah pulih sepenuhnya, melakukan kembali seks mungkin butuh kreativitas dan juga kesabaran.”

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: popbela.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X