Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
Ilustrasi Scabies/Net
Ilustrasi Scabies/Net

HARIAN HALUAN - Scabies adalah penyakit kulit yang dapat menular kepada semua kalangan, terlebih pada daerah yang padat penduduk dengan kebersihan yang minim. Scabies lebih umum disebut dengan kudis. Penyakit ini disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.

Gejala umum penyakit ini yaitu timbulnya ruam dan rasa gatal di sekitar kulit. Meski tidak parah dan bisa sembuh dengan sendirinya, jika gejala yang dirasa sudah sangat mengganggu, Anda dapat bertanya dan chat dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat.

Banyak yang berpendapat bahwa membunuh scabies dengan garam merupakan salah satu cara yang paling cepat dan efektif agar tidak terjangkit penyakit ini. Lantas, apakah cara ini sudah terbukti benar? Atau hanya sekedar mitos saja? Simak terus artikel di bawah ini untuk tahu lebih lengkapnya!

Apa Itu Penyakit Scabies?

Scabies atau kudis, adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini dapat menempel dan berkembang biak secara cepat dan pesat pada permukaan benda yang Anda gunakan sehari-hari di rumah, seperti handuk, pakaian, tempat tidur, bantal, dan peralatan rumah lainnya.

Tungau ini dapat dengan cepat berpindah inang dan berkembang biak di inang barunya. Tungau Sarcoptes scabiei berukuran sangat kecil dan akan masuk ke dalam pori-pori kulit Anda. Di dalam sini, mereka akan membentuk sarang dan koloni, sehingga akan menjadi benalu pada lapisan kulit manusia.

Hal inilah yang membuat kulit Anda akan terasa sangat gatal dan muncul ruam-ruam, tanda ada kumpulan tungau Sarcoptes scabiei yang ada di bawah kulit Anda.

Gatal-gatal pada kulit akibat scabies akan sangat terasa pada malam hari atau ketika Anda berada di bawah terik matahari, saat cuaca sedang panas. Aktivitas tungau ini akan semakin meningkat pada saat suhu tubuh tinggi.

Jika rasa gatal dan ruam sudah sangat parah, lalu Anda terus menggaruk kulit Anda terus menerus, hal ini dapat menyebabkan penyakit baru seperti infeksi dan rasa gatal yang semakin parah. Kulit akan menjadi kering dan bisa menimbulkan luka koreng pada kulit. Tentunya, Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan?

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X