Terungkap Alasan Mengapa Tak Ada Kursi Nomor 13 di Pesawat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:41 WIB
Kursi pesawat
Kursi pesawat

HARIANHALUAN - Pesawat masih jadi salah satu moda transportasi andalan untuk bepergian. Selain bisa memangkas waktu, perjalanan yang nyaman hingga awaknya yang ramah menjadi alasan, kenapa pesawat jadi salah satu transportasi favorit traveler.

Namun, sadar atau tidak, kamu pasti jarang melihat kursi nomor 13 di pesawat? Ya, nomor ini sengaja dilangkahi setelah atau sebelum urutannya.

Baca Juga: 14 Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-Hari

Lantas, mengapa demikian? Ini jawabannya.

Alasan raibnya nomor tersebut ada hubungannya dengan sebuah mitos. Menurut Simple Flying, sama seperti hotel, nomor 13 dianggap sebagai angka sial atau angka yang tidak memberikan keberuntungan.

Selain itu, nomor 13 juga dianggap sebagai Yudan Iskariot, yaitu seorang murid yang mengkhianati Yesus. Jadi, orang yang duduk di bangku nomor 13 dianggap tumbal atau perjamuan terakhir.

Baca Juga: 3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Adapun, penjelasan lain berkaitan dengan mitologi Nordik dan kisah di mana tamu tak diundang ke-13 bergabung dengan 12 dewa saat makan malam. Tamu ke-13 ini adalah Dewa Loki yang jahat, yang menipu Dewa Hoor untuk membunuh Baldr, yang menyebabkan banyak duka di seluruh bumi.

Hal inilah yang membuat banyak maskapai penerbangan yang tidak memasukkan nomor 13. Adapun, beberapa maskapai Eropa yang tidak memiliki kursi baris 13 adalah Iberia, Lufthansa, Air France, ITA, hingga Ryanair.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Pensiun Dini? Pertimbangkan Dulu 2 Hal Ini

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:05 WIB

Kabar Duka! Ibunda Gading Marten Meninggal Dunia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:56 WIB
X