Ini Alasan Mengapa Nasi Tumpeng Identik Dengan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:43 WIB
ilustrasi nasi tumpeng (Sumber: Freepik)
ilustrasi nasi tumpeng (Sumber: Freepik)

17 Agustus diperingatkan sebagai hari yang paling penting untuk rakyat Indonesia. Hal itu disebabkan pada tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1945, Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno dan Wakil Presiden RI Pertama, Drs. Moh. Hatta mengumumkan bahwa Indonesia sudah merdeka dari penjajah melalui pembacaan teks proklamasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Begitu banyak perlombaan unik dan kreatif yang membuat masyarakat juga turut ikut di dalamnya dari berbagai kategori usia baik usia anak-anak hingga orang tua.

Ada berbagai macam perlombaan yang biasa dilakukan dalam perayaan HUT RI Ke-77 misalnys seperti lomba makan kerupuk, lomba karaoke, lomba menangkap ikan, lomba balap karung, hingga lombat panjat pinang.

Baca Juga: Sambut HUT RI Ke-77, Simak 3 Fakta Lomba Panjat Pinang!

Tidak hanya lomba itu saja, ada juga salah satu lomba yang biasanya diikuti oleh tim ibu-ibu khusunya, yaitu lomba menghias dan membuat nasi tumpeng.

 Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan dengan bentuk kerucut dan beralaskan tampah atau nampan yang dilengkapi dengan lauknya seperti ayam, telur, tempe, sayur mayur dan lainnya. Nasi tumpeng identik dengan simbolis dari sebuah acara.Biasanya nasi tumpeng dihidangkan dengan berbagai lauk di atas tampah atau wadah pipih terbuat dari anyaman bambu.

Kuliner satu ini juga bisa di kreasikan dengan berbagai bentuk dan hiasan lauk pauk untuk membuat hiasanannya.

Lantas, mengapa nasi tumpeng ini identik dengan perayaan 17 Agustus? Simak penjelasan lengkapnya.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Pensiun Dini? Pertimbangkan Dulu 2 Hal Ini

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:05 WIB

Kabar Duka! Ibunda Gading Marten Meninggal Dunia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:56 WIB
X