Ide Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus di Masa Pandemi

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:40 WIB
ilustrasi, ide ucapan untuk HUT RI ke-77 (sumber: freepik)
ilustrasi, ide ucapan untuk HUT RI ke-77 (sumber: freepik)

17 Agustus diperingatkan sebagai hari yang paling penting untuk rakyat Indonesia. Hal itu disebabkan pada tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1945, Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno dan Wakil Presiden RI Pertama, Drs. Moh. Hatta mengumumkan bahwa Indonesia sudah merdeka dari penjajah melalui pembacaan teks proklamasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Indonesia telah dijajah oleh bangsa Eropa sejak zaman dahulu kala. Selain itu, Indonesia juga sempat dijajah oleh Jepang selama 3,5 tahun.

Semenjak diumumkannya kemerdekaan, rakyat Indonesia memiliki tradisi tersendiri menyambut dan merayakan hari kemerdekaan dengan meriah seperti mengadakan lomba-lomba tradisional khas Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus pada setiap tahunnya.

Baca Juga: Pertahanan Proklamasi Kemerdekaan untuk Kedaulatan RI di Berbagai Daerah

Beberapa lomba yang diadakan biasanya seperti: lomba tarik tambang, lomba kelereng, lomba panjat pinang, lomba balap karung, lomba lari, hingga lomba-lomba lainnya. Tidak lupa hiasan-hiasan khas kemerdekaan dengan warna Merah dan Putih yang melambangkan bendera Indonesia. Selain itu, pada tanggal 17 Agustus juga diadakan upacara bendera.

Dengan adanya perlombaan, upacara, dan berbagai acara di tanggal 17 Agustus setiap tahunnya itu dimaksudkan untuk merasakan adanya perjuangan yang dahulu pernah dirasakan oleh rakyat Indonesia demi kemerdekaan Indonesia.

Namun, berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. 17 Agustus tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang mewabah sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Meskipun tahun ini sudah mulai di longgarkan aturan di masa pandemi hanya saja perayaan tersebut rasanya masih dalam suasana yang tidak seperti biasanya. Lomba-lomba yang biasanya diadakan dengan ramai, juga tidak bisa sepenuhnya dijalankan.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: haibunda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyata! 5 Azab Orang Selingkuh, Nomor 4 Ngeri Banget

Senin, 26 September 2022 | 08:29 WIB

Cara Atasi Nyeri Haid dengan Bahan Alami, Ampuh Banget...

Minggu, 18 September 2022 | 07:11 WIB
X