Penyakit Baru Flu Tomat Mengintai, Serang Anak-anak, Gejalanya Mirip Chikungunya

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:55 WIB
Ilustrasi Flu Tomat yang di temukan di India, pada 6 Mei dan per 26 Juli 2022. (Foto dok. Pixabay/badafest)
Ilustrasi Flu Tomat yang di temukan di India, pada 6 Mei dan per 26 Juli 2022. (Foto dok. Pixabay/badafest)

HARIAN HALUAN - Dunia kesehatan kembali dihebohkan dengan penyakit infeksi baru yang disebut flu tomat. Penyakit ini perlu diwaspadai karena menyerang beberapa anak berusia di bawah 5 tahun di India.

Sejauh ini flu tomat telah menginfeksi 82 anak berusia di bawah 5 tahun. Melansir The Lancet Respiratory Medicine, flu tomat pertama kali diidentifikasi di India pada 6 Mei lalu.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Dinamakan flu tomat atau demam tomat, karena ditandai dengan gejala blister atau lepuh berwarna merah di permukaan kulit. Infeksi virus ini juga disertai nyeri sendi dan demam.

"Virus baru bernama Flu Tomat atau demam tomat telah mewabah di India di negara bagian Kerala pada anak di bawah 5 tahun," tulis laporan tersebut dilansir dari CNBC Indonesia, Minggu, 21 Agustus 2022.

Baca Juga: Boleh Dicoba! Berikut 5 Ramuan Ampuh Lawan Flu dan Batuk Omicron

"Infeksi virus langka ini ada di wilayah endemik dan diyakini tidak mengancam nyawa, meski demikian karena pengalaman mengerikan dengan pandemi Covid-19, maka manajemen kewaspadaan diperlukan untuk mencegah wabah lebih lanjut."

Sejauh ini, infeksi ditemukan di distrik Kollam di Kerala India dan dekat area Anchal, Aryankavu dan Neduvathur. Anak-anak memiliki risiko tinggi karena virus penyebabnya menyebar melalui kontak dekat.

Para dokter menyebut hingga kini belum ada obat yang spesifik bisa mengobati flu tomat. Virus ini sangat menular dan memiliki kemiripan dengan Hand Foot and Mouth Disease.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X