Tiga Langkah Mewaspadai Kecelakaan Mobil

- Rabu, 21 Juli 2021 | 23:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Risiko mengalami kecelakaan mobil masih tetap ada, meskipun kita sebagai pemilik mobil telah mematuhi rambu-rambu dan lebih waspada ketika berkendara di jalan.

Kecelakaan adalah risiko yang akan memaksa Anda keluar uang dalam jumlah besar. Sementara itu, biaya perbaikan mobil tidak murah, baik untuk kerusakan bodi maupun mesin mobil.

Baca Juga: 9 Produsen Mobil Ini Sudah Angkat Kaki dari Indonesia, Gagal Saing?

Apakah bisa kecelakaan dihindari 100%? Bisa saja, caranya adalah dengan tidak mengoperasikan kendaraan Anda sama sekali, namun bukan itu tentunya yang kita inginkan.

Demi mewaspadai risiko finansial akibat peristiwa ini, lakukan beberapa langkah yang diberikan perencana keuangan dan financial educator Lifepal Aulia Akbar CFP®, AEPP®:
Pilih asuransi mobil yang tepat
Satu-satunya produk yang bisa melindungi Anda dari segala risiko finansial atas peristiwa kecelakaan, terserempet, atau pencurian kendaraan adalah asuransi kendaraan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Kelamaan Nganggur karena PPKM Darurat

Sederhananya, beban finansial yang harus Anda tanggung akibat kecelakaan akan ditransfer ke perusahaan asuransi.

Secara garis besar, asuransi mobil dibedakan dalam dua jenis, pertama adalah total lost only (TLO) yang menanggung kerugian finansial akibat pencurian kendaraan bermotor atau kerusakan parah yang nilainya setara 75% dari harga mobil.

Sementara itu, asuransi mobil all risk akan menanggung segala jenis risiko yang dialami, kecuali jika ada pengecualian yang disepakati.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Bagi Pasutri, Kenali 5 Manfaat Berhubungan Intim

Jumat, 30 Juli 2021 | 00:07 WIB
X