Tampil di Google Doodle, Ternyata Mangkuk Bakso Ayam Jago Bukan Berasal dari Indonesia

- Senin, 12 September 2022 | 13:24 WIB
Sejarah Mangkuk Ayam Jago dan Arti Simbolisnya, Google Doodle Hari Ini (Foto: Tangkapan Layar)
Sejarah Mangkuk Ayam Jago dan Arti Simbolisnya, Google Doodle Hari Ini (Foto: Tangkapan Layar)

HARIAN HALUAN - Hari ini, mesin pencarian google tampak berbeda dengan adanya doodle mangkuk ayam jago. Mangkuk tentu tidaklah asing bagi masyarakat Indonesia, namun tahukah kamu jika mangkuk ayam jago yang kerap digunakan untuk makan bakso bukanlah asli Indonesia?.

Masyarakat Indonesia pasti tak asing dengan mangkuk ayam jago, mangkuk yang kerap digunakan untuk menikmati hidangan bakso kuah. Mangkuk ini seakan menjadi ikon hidangan mie ataupun bakso di seluruh Nusantara.

Baca Juga: Mengenal Siti Latifah Herawati Diah, Sosok Jurnalis Perempuan yang Jadi Gambar Google Doodle Hari Ini

Namun, dikutip dari Wikipedia melalui Indozone.id, Senin, 12 September 2022, ternyata mangkuk ini berasal dari provinsi Gauangdong, Tiongkok. Mangkuk ini telah digunakan oleh masyarakat Hakka selama seratus tahun belakangan.

Dulunya, mangkuk ini hanya berwarna putih biasa dan tak bercorak. Namun seiring berjalannya waktu, gambar ayam jago dilukiskan dengan dilengkapi pernak-pernik pelengkap lainnya.

Baca Juga: Keren! Google Doodle Tampil Menarik Hari Ini, Yuk Intip

Mangkuk ayam jago ini pun pernah didaftarkan oleh pemerintah Thailand sebagai produk Indokasi Geografis Lampang pada tahun 2013 silam.

Hal ini lantaran setelah diimpor dari Tiongkok, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand pada tahun 1957.

Meski begitu, banyak negara-negara luar yang mulai mengikuti gaya pembuatan dan juga bahan-bahan sesuai kualitas yang dimiliki pabrik. Seperti di Indonesia, mangkuk ayam jago ini menjadi salah satu mangkuk yang populer di mana pabriknya terletak di PT Lucky Indah Keramik yang terletak di Cimanggis, Jawa Barat. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kagumi Suara Azan, Morgan Freeman Jadi Mualaf?

Senin, 5 Desember 2022 | 08:00 WIB
X