Masuk Musim Hujan, Waspadai 5 Kerusakan yang Dapat Terjadi pada Mobil Akibat Banjir

- Rabu, 14 September 2022 | 08:46 WIB
Ilustrasi banjir.
Ilustrasi banjir.

HARIAN HALUAN - Dalam beberapa hari terakhir ini sebagian wilayah di Indonesia kerap diguyur hujan deras dimana musim hujan pada tahun 2022/2023 diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan datang lebih awal dibandingkan normalnya.

BMKG menjelaskan bahwa perkiraan awal musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan September hingga November 2022 kemudian perkiraan puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Baca Juga: Jenis Asuransi Mobil Paling Lengkap dan Cara Klaim

Musim hujan tentu seiring dengan potensi banjir yang menjadi momok bagi setiap pengendara, dimana kerugian yang ditimbulkan tidak hanya kelumpuhan pada jalur transportasi namun termasuk juga kerusakan pada mobil-mobil pribadi akibat terendam genangan air.

Sebagai pemilik kendaraan yang terendam banjir, kamu masih dapat memperbaiki kendaraan menggunakan penanganan dan perawatan khusus dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, saat banjir kamu perlu berhati-hati dan mengetahui kemungkinan kerusakan apa saja yang dapat terjadi pada kendaraanmu.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil BESS dan Cara Klaimnya yang Mudah

Lifepal.co.id, sebagai insurance marketplace terdepan di tanah air, membagikan informasi terkait kerusakan umum pada mobil akibat banjir. Berikut simak penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id.

1. Kerusakan mesin.

Kerusakan pada mesin yang umum terjadi akibat banjir adalah Water Hammer. Water Hammer adalah keadaan dimana ruang bakar terkontaminasi air sehingga menyebabkan piston berlubang atau bengkok, hal ini disebabkan karena piston tidak dapat mengkompresi air. Biasanya hal ini paling sering dialami mobil yang nekat menerobos banjir atau menghidupkan mobil secara paksa saat keadaan terendam.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kagumi Suara Azan, Morgan Freeman Jadi Mualaf?

Senin, 5 Desember 2022 | 08:00 WIB
X