Agar Gaji Tak Cepat Ludes, Berikut 5 Cara Siapkan Dana Darurat dengan Tepat

- Rabu, 28 Juli 2021 | 07:25 WIB

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu hal yang harus bisa dilakukan oleh karyawan adalah mengatur keuangan yang efektif. Pasalnya, jika seorang karyawan tidak dapat mengelola keuangannya, gajinya dapat ludes begitu saja atau selalu terasa kurang.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mulai mengatur keuangan yang efektif adalah dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat sendiri merupakan dana yang sengaja dipersiapkan untuk bisa digunakan ketika seseorang mengalami keadaan darurat yang tidak diharapkan terjadi. Agar kamu semakin andal dalam manajemen keuangan, berikut tips menyiapkan dana darurat dengan benar dilansir dari Republika.

1. Kurangi pengeluaran bulanan

Terkadang tanpa sadar, kamu mungkin memiliki latte factor atau bahkan menghabiskan uangmu terlalu banyak di area tertentu. Nah, kebiasaan seperti itu perlu dikurangi. Dengan begitu kamu dapat berhemat dan mengalokasikan dana tersebut ke dana darurat.

2. Sisihkan sejak hari gajian tiba

Ketika hari gajian tiba, ada baiknya kamu langsung menyisihkan sejumlah gaji yang kamu terima ke dana darurat. Dengan begitu, kamu tidak bisa beralasan bahwa gajimu telah habis dan tidak menabung ke dana darurat.

3. Ketahui pengeluaran bulananmu

Untuk bisa menentukan seberapa besar idealnya dana darurat yang perlu kamu siapkan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui pengeluaran bulananmu. Pertimbangkanlah pengeluaran tetap dan variabel seperti biaya asuransi, pajak, utang, dan lain sebagainya. Selain itu, sesuaikan juga dana daruratmu dengan tanggungan yang kamu miliki.

4. Ketahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk kumpulkan dana darurat

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Republika

Tags

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X