Melirik Budidaya Kerang Mutiara di Pesisir Selatan, Butuh Sentuhan Investor

- Rabu, 28 Juli 2021 | 21:30 WIB
Budidaya Kerang Mutiara Pessel
Budidaya Kerang Mutiara Pessel

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Budidaya kerang mutiara bisa menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Pesisir Selatan (Pessel) di masa depan. Terdapat tiga teluk yang berpotensi menjadi lokasi budidaya kerang mutiara, yakni Teluk Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan, Teluk Sungai Nipah Kecamatan IV Jurai, dan Teluk Sungai Bungin di Kecamatan Batang Kapas. 

Kepala Perikanan Pessel, Andi Syafinal, mengatakan, selain budidaya ikan, karang mutiara juga memiliki potensi yang sangat besar bisa dikembangkan di perairan laut Pessel.

Baca Juga: Kembangkan Ekonomi Berbasis Wisata, DPKP Agam Ciptakan Perajin Kerang

"Usaha budidaya kerang mutiara memang sangat menguntungkan secara ekonomi bagi masyarakat nelayan. Sebagai daerah pesisir pantai, pengembanganya bisa dilakukan di beberapa kawasan di daerah ini. Diantaranya, di Teluk Mandeh  Kecamatan Koto XI Tarusan, Teluk Sungai Nipah di Kecamatan IV Jurai, dan Teluk Sungai Bungin di Kecamatan Batang Kapas," katanya.

Secara bertahap pemerintah daerah (pemda) melalui Dinas Perikanan akan terus berupaya mengajak para investor untuk berinvestasi. Hal ini mengingat budidaya kerang mutiara sangat menguntungkan secara ekonomi, serta juga bisa sebagai sumber ekonomi alternatif bagi para nelayan. 

Baca Juga: Berkunjung ke Kawasan Wisata di Pessel, Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan

"Kalau selama ini kita lebih menonjolkan usaha yang bergerak di sektor budidaya ikan,  ke depan pengembanganya juga dilakukan terhadap jenis lain seperti budidaya kerang mutiara. Sebab pengembanganya sangat besar di daerah ini," jelasnya. 

Andi juga menambahkan bahwa mutiara merupakan salah satu komoditas unggulan sektor kelautan yang memiliki prospek pengembangan usaha yang sangat  menjanjikan.   

Hal itu dapat dilihat dari semakin banyaknya peminat perhiasan mutiara, sehingga harganya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X