Ingin Pensiun Dini? Pertimbangkan Dulu 2 Hal Ini

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIAN HALUAN - Siapa yang tidak ingin merasakan nikmatnya pensiun dini. Namun, janganlah terlalu terburu-buru apalagi jika belum mempersiapkan bekalnya.

Jadi, sebelum pensiun dini, coba perhatikan dua poin penting ini dulu untuk mempertimbangkannya.

Seperti pencipta situs keuangan Millenial Money sekaligus penulis 'Financial Freedom' Grant Sabatier, secara teknis dia memang belum pensiun.

Baca Juga: Imbas Corona, Salah Satu Maskapai di AS Minta Pilot Cuti hingga Pensiun Dini

Padahal bisa dikatakan dia sudah mampu untuk pensiun dini karena memiliki cukup uang dalam portofolionya untuk hidup tanpa perlu bekerja lagi.

Pada tahun 2015 ketika usianya menginjak 30 tahun, Sabatier telah menabung USD 1,25 juta, cukup untuk memastikan bahwa dia tidak perlu bekerja lagi. Namun, alih-alih bersantai di pantai, ia memulai karier baru dengan mengajar orang lain cara mencapai kemandirian finansial.

Selama tujuh tahun terakhir, Sabatier telah paham tentang kisah sukses serta jebakan umum yang dihadapi pensiunan dini. Jadi, jika Anda berencana untuk pensiun dini, coba pertimbangkan dua hal ini dulu sebelum memulainya.

Baca Juga: Tips Penting dari Orang-orang yang Sukses Pensiun Dini

Dilansir dari CNBC, Senin (3/10/2022), menurut Sabatier, berikut ini dua masalah potensial yang harus dipahami sekarang sehingga Anda tidak mengalaminya di kemudian hari.

1. Pensiun Sebelum Anda Menetapkan Identitas Pascakarier

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan 6

Tags

Terkini

X