Begini Cara Memasak Air yang Benar Agar Layak Minum

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:30 WIB
Cara memasak air minum  (pexels.com/@Teona Swift)
Cara memasak air minum (pexels.com/@Teona Swift)

HARIANHALUAN.COM – World Health Organization (WHO) sebagai organisasi kesehatan dunia menyatakan, bahwa air bersih aman dikonsumsi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Lantas bagaimana cara memasak air yang benar agar layak minum? Simak ulasannya berikut ini.

Adapun kebiasaan orang memeperoleh air minum untuk dikonsumsi adalah dengan cara membeli dalam kemasan, atau air galon dari depot. Kelebihan yang di dapatkan adalah kulitas air yang terjamin kebersihannya. Namun, yang menjadi kekurangannya adalah orang harus mengeluarkan bajet untuk dapat mengkonsumsinya.

Tak jarang orang lebih memilih memasak air minum sendiri untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Namun, bagi beberapa orang memasak air belum tentu diperoleh air yang bersih dan sehat pasalnya sumber air yang diperoleh mengandung banyak zat-zat polutan.

Baca Juga: Singkat Padat, Ini Pesan Super Penting Presiden Jokowi soal Gagal Ginjal Akut yang renggut 133 Nyawa Anak RI

Sebagai solusi yang cermat adalah kamu bisa merebus air dengn cara yang tepat agar dapat memperoleh air minum yang layak untuk dikonsumsi.

Dikutip dari Food and Wine, air keran bisa saja mengandung jutaan bakteri dan mikroorganisme penyebab penyakit; dan merebus air mampu membunuh hal tersebut. Setidaknya, bakteri dan mikroorganisme itu tak akan bertahan hidup pada air panas yang telah dimasak sela dima 30 menit dalam suhu 70 derajat celsius.

Bahkan, pada suhu 100 derajat celsius, virus, bakteri, atau parasit dapat dipastikan telah mati, meski nanti air telah mendingin.

Hal serupa diungkapkan oleh Dokter Mulyadi Tedjapranata dari Klinik Medizone, Jakarta Utara,  yang dikuti dari sajian sedap. Dokter Mulyadi menyatakan bahwa air harus dimasak pada suhu 100 derajat celsius selama 5 sampai 10 menit.

Jika tak ada termometer untuk mengukur apakah air telah mendidih atau mencapai suhu 100 derajat celsius, kita bisa menggunakan cara fisikan, yaitu jika terdapat gelembung-gelembung air yang banyak dan air mulai berkurang itu menandakan bahwa air telah mendidih. Artinya kuman di dalam air sudah benar-benar mati.

Baca Juga: Jejak Perjuangan Santri di Nusantara, dari Angkat Senjata Sampai Berkiprah di Politik

Selain memahami cara tersebut. Ada hal lain yang perlu diperhatikan. Menurut Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat bahwa cara memasak air yang aman dan sehat tergantung pada ketinggian tempat tinggal dari atas permukaan laut.

Semakin tinggi rumah kita, maka suhu tempat tinggal akan lebih dingin. Sehingga, kita perlu meningkatkan suhu hingga waktu saat merebus air.

Jadi, apa pun alasannya, penting untuk merebus air terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, kecuali air tersebut merupakan air minum dalam kemasan yang telah melalui uji klinis dan dinyatakan aman untuk langsung dikonsumsi.

Itulah cara yang tepat untuk memasak air hingga mendidih hingga dapat dikonsumsi. Mendidihkan air bertujuan untuk menghilangkan mikroorganisme yang bisa menjadi sumber penyakit jika dikonsumsi. Perlu diingat juga untuk tidak memasak air yang tercemar.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Semur Ayam yang Lezat dan Gurih

Jumat, 9 Juni 2023 | 20:25 WIB
X