Selain Lancarkan Pencernaan, Konsumsi Nanas Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 05:00 WIB
Mengonsumsi nanas juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Mengonsumsi nanas juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Keunggulan buah nanas menjadi sorotan konten ahli gizi asal India, Kinita Kadakia Patel. Lewat akun Instagram @kskadakia pada Ahad (1/8), pakar tersebut mengungkap beberapa fakta mengenai nanas.

Selain rasa yang enak dari buah tropis tersebut, nanas memiliki banyak manfaat. Menurut Kadakia, salah satu yang paling menonjol adalah melancarkan pencernaan. Itu karena enzim yang bernama bromelain.

Bromelain memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida sehingga dapat diserap dengan mudah di usus kecil. Selain itu, nanas juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kadakia menjelaskan alasannya, yakni karena nanas kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan zat antiinflamasi yang hebat. Sebagai tambahan, nanas memuat vitamin A, vitamin K, fosfor, seng, dan kalsium.

Artinya, anggapan bahwa nanas dapat membantu melancarkan pencernaan bukan sekadar mitos, melainkan fakta. Meski begitu, dalam keterangan video, Kadakia mengingatkan bahwa informasi yang dia berikan bersifat umum.

"Manfaatnya akan bervariasi untuk setiap individu. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum memasukkannya ke dalam rencana makan Anda," ujarnya.

Untuk saran penyajian, Kadakia merekomendasikan menyantap sekitar 50 gram buah nanas untuk setiap porsi atau menambahkannya sedikit ke salad tropis. "Ini adalah cara terbaik untuk makan nanas," ucapnya, dikutip dari laman Indian Express, Selasa (3/8).(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: republika.co.id

Terkini

Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Sabtu, 25 September 2021 | 10:15 WIB

Lingkungan: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Jumat, 24 September 2021 | 23:34 WIB

Waspada Pendarahan Otak, Berikut Cara Untuk Mencegahnya

Jumat, 24 September 2021 | 12:45 WIB

Kenali Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB
X