Ingat, Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Terlalu Banyak Diberi Asupan Serat

Heldi Satria
- Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:56 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang, Fitri Hartanto mengatakan, anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tak mendapat asupan serat terlalu banyak.

Baca Juga: Kabar Duka, Ulama Besar Indonesia Habib Saggaf Aljufri Wafat

"Lambung anak kecil, diisi dengan serat padahal serat dicernanya lama. Artinya anak kenyangnya jadi lebih lama, yang terjadi tidak mau makan, kebutuhannya tidak terpenuhi, banyak masalah pertumbuhan yang terjadi," terangnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Mengutip informasi dari Kementerian Kesehatan, anak usia 0-6 bulan belum memiliki kecukupan serat yang dianjurkan, sementara anak usia 6-11 bulan kebutuhan seratnya sekitar 10 gram per hari. Jumlah asupan serat yang dibutuhkan anak pun meningkat seiring pertambahan usianya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Pemerintah Ubah Libur Tahun Baru Islam Jadi 11 Agustus

Ketimbang terlalu fokus pada serat, Fitri yang menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Jawa Tengah itu mengingatkan orang tua pentingnya asupan zat gizi lain yang harus tercukupi, salah satunya lemak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan lemak di bawah usia 2 tahun adalah 35-45 persen dari total energi.

"Anak kurang dari 2 tahun tidak dianjurkan merestriksi lemak karena perlu tinggi lemak untuk mencukupi kebutuhan energi. Buah dan sayur kebutuhannya sangat sedikit di bawah usia 2 tahun sehingga kita tahu apa yang baik orang tua tak selalu baik untuk anak. Lemak baik untuk anak tidak baik untuk dewasa. Serat baik untuk dewasa tetapi belum baik untuk anak usia di bawah 2 tahun," kata dia.

Anak usia 6-8 bulan contohnya, membutuhkan 60-90 kkal lemak per hari, sementara anak usia 9-11 bulan biasanya kebutuhannya lemaknya setiap hari 90-130 kkal. Jumlah kebutuhan lemak meningkat menjadi 170-250 kkal per hari pada anak berusia 12-23 bulan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X