Kudu Dicoba, Penek Makanan Sederhana Khas Purworejo yang Selalu Diminati Pembeli

- Kamis, 24 November 2022 | 14:04 WIB
Gambar penjual yang sedang membungkus Penek di Pasar Purwodadi/Dokumen Pribadi/Miyarsih
Gambar penjual yang sedang membungkus Penek di Pasar Purwodadi/Dokumen Pribadi/Miyarsih

HARIANHALUAN.COM - Penek atau Sego Penek merupakan makanan khas Purworejo, sebuah kabupaten di daerah Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Purwodadi yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda.

Meski terkesan sederhana, Penek ini tak pernah sepi pembeli. Pasalnya cita rasanya yang gurih dan harganya yang murah tak ayal banyak orang yang menyukainya.

Penek ini berisikan nasi putih, sayur nangka muda yang dicacah kecil-kecil (versi pedas dan tidak pedas), dan beberapa pilihan lauk seperti tempe, tahu atau ayam kampung yang semuanya dimasak dengan santan kental. Perpaduan berbagai komponen tersebut mampu menciptakan rasa yang gurih dan nikmat.

Baca Juga: Baznas Indonesia Kerahkan Tim untuk Lakukan Evakuasi Hingga Distribusi Makanan Siap Saji

Sebagaimana Penek yang dijual di Pasar Purwodadi, Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo ini. Cukup dengan membayar Rp5 ribu untuk satu bungkusnya kamu sudah bisa mencicipi Sego Penek.

Umumnya Penek ini dibungkus dengan balutan daun pisang sebagai alasnya. 

Rasanya yang enak dan harganya murah, tak heran membuat Penek ini selalu diminati pembeli. Apalagi ketika hari libur kamu harus siap-siap mengantri untuk membelinya.

“Kalau hari libur, Sabtu atau Minggu, tanggal merah itu biasanya selalu ramai yang beli” ucap salah seorang Ibu penjual Penek ketika ditemui jurnalis Harianhaluan.com di Pasar Purwodadi tanggal 24 November 2022.

Bahkan ketika hari libur lebaran seringkali terdapat pembeli yang harus ikhlas tidak kebagian setelah ikut antre beberapa waktu.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X