Dimasukkan ke Dalam Miss V, Benarkah Menstrual Cup dapat Merusak Keperawanan?

- Jumat, 25 November 2022 | 08:30 WIB
Menstrual cup (pixbay)
Menstrual cup (pixbay)

HARIANHALUAN.COM – Dari segi sosial, penggunaan menstrual cup masih belum diterima secara luas oleh masyarakat dengan berbagai alasan, salah satunya dianggap dapat mengakibatkan hilangnya keperawanan.

Sebab dari pernyataan tersebut berdasarkan pada bagaimana penggunaan menstrual cup yang dimasukkan ke dalam vagina wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk menampung darah yang keluar.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa indikator keperawanan wanita ada pada selaput dara atau hymen yang merupakan kumpulan jaringan tipis terletak pada lubang vagina.

Baca Juga: 2 Kebiasaan Wanita yang Bisa Menyebabkan Infeksi Bakteri Vagina, Hati-hati!

Dengan pemakaian menstrual cup melalui lubang vagina, masyarakat berpandangan selaput dara akan berpotensi untuk robek.

“Memakai menstrual cup tidak merusak selaput dara,” jelas Dr. Stella Shirley Mansur, SpOG yang dikutip Harianhaluan.com dari mommiesdaily.com.

Ia menjelaskan bahwa pemilihan ukuran dan cara yang tepat dalam menggunakan menstrual cup tidak akan menyebabkan masalah apapun.

Selaput dara dapat robek dengan berbagai faktor seperti kecelakaan, aktivitas fisik yang vagina, penanganan medis dan termasuk pemakaian menstrual cup yang tidak benar.

Seperti yang dikatakan oleh Dokter Fadhli Rizal Makarim, yang juga seorang Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang bahwa penggunaan menstrual cup yang tidak benar akan merusak selaput dara.

Menurut dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG., Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, tipe hymen wanita mempengaruhi mudah robek atau tidaknya, ada yang tebal, tipis, elastis dan tidak elastis.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X