Mengenang Bu Kasur, Tokoh Pendidikan yang Ngehits di Zamannya

- Jumat, 25 November 2022 | 10:25 WIB
Bu Kasur (Istimewa)
Bu Kasur (Istimewa)

HARIANHALUAN.COMBu Kasur, nama yang tentu sudah tidak asing di telinga anak-anak pada zamannya. Wanita yang memiliki nama asli Sandiah ini, adalah seorang seniman sekaligus tokoh pendidikan di Indonesia.

Wanita yang lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926 ini aktif dalam berorganisasi. Bu Kasur sempat bergabung di Gerakan Pramuka Indonesia yang mempertemukannya dengan tambatan hatinya yaitu Soerjono yang juga dikenal dengan panggilan Pak Kasur.

Sebagai seorang seniman, Bu Kasur seringkali tampil di acara televisi dan siaran radio. Beberapa lagu Bu Kasur yang sampai sekarang masih hangat di telinga anak-anak Indonesia yaitu Dua Mata Saya, Naik Delman, Lihat Kebunku, Hai Becak, Sayang Semuanya, dan Menanam Jagung.

Baca Juga: Politisi Golkar Akbar Himawan Buchari Resmi Terpilih Menjadi Ketua Umum BPP Hipmi 2022-2025

Bu Kasur dan Pak Kasur menikah pada 29 Juli 1946. Dari penikahannya, Bu Kasur dikaruniai lima orang anak, yaitu Sursantio, Suryaningdiah, Suryo Prabowo, Suryo Prasojo, dan Suryo Pranoto.

Bersama dengan suaminya, Bu Kasur menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga sebagai pendiri TK Mini di Jakarta yang didirikan pada tahun 1965, diketahui bahwa Megawati Soekarnoputri adalah salah satu lulusan dari TK tersebut.

Awal mulanya, TK Mini berlokasi di rumahnya dan bergabung dengan Taman Putera dan Taman Pemuda. Karena Taman Putera dan Taman Pemuda tidak bisa berkembang dan terpaksa ditutup maka dari itu TK Mini menampung anak-anak dari berbagai usia.

TK Mini dibagi menjadi tiga Jenjang, ‘Parkit’ untuk usia tiga tahun, ‘Kutilang’ untuk anak usia empat tahun, dan ‘Cenderawasih’ untuk anak usia lima tahun.

Baca Juga: Bikin Melongok! Wulan Guritno Luncurkan Lingerie, Netizen: Janda Idaman Berondong

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X