3 Fakta Sejarah Kebaya yang Belum Banyak Diketahui 

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:33 WIB
Kolase foto wanita Belanda yang sudah alkuturasi budaya dan wanita Indonesai dengan kebayanya/gayam-bjn.desa.id
Kolase foto wanita Belanda yang sudah alkuturasi budaya dan wanita Indonesai dengan kebayanya/gayam-bjn.desa.id

HARIANHALUAN.COM - Kebaya saat ini menjadi trending dibicarakan orang-orang Indonesia di sosial media, karena adanya pemberitaan Singapura akan mendaftarkan Kebaya sebagai warisan budaya takbenda kemanusiaan ke UNESCO.

Singapura mengajak keempat negara Asia Tenggara lainnya yakni Malaysia, Thailand, dan  Brunei Darussalam.

"Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat untuk bekerja sama dalam nominasi multinasional ini karena kebaya mewakili dan merayakan sejarah bersama yang kaya di kawasan ini, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di seluruh Asia Tenggara," kata Chang Hwee Nee, Ketua Dewan Warisan Nasional (NHB) sebagaimana dikutip oleh Harianhaluan.com melalui Sindonews.com

Baca Juga: Sejarah Awal Mula Kebaya di Indonesia, Asalnya Abaya Cabaya Kini jadi Pakaian Wisuda

Kalau dilihat formasinya ini persis dari deretan founding fathers ASEAN. Tapi kenapa ya Indonesia tidak turut ikut dalam perencanaan ini?

Menurut pecinta komunitas kebaya di Indonesia, kebaya adalah warisan budaya milik Indonesia, jadi jika diakui secara multinasional, maka kebaya bukan lagi milik identitas bangsa.

Untuk itu perlu kamu ketahui dulu sejarah kebaya Indonesia

1.Asal usul kebaya hasil dari asimilasi budaya Indonesia dengan orang Arab. Menurut teori Hamka tentang datangnya bangsa Arab diperkirakan abad ke-7.

Kebaya berasal dari kata 'habaya', yang artinya pakaian. Mengingat, saat Indonesia kedatangan orang Arab, terjadi akulturasi dengan adanya pernikahan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X