Jangan Sepelekan Bulu Kucing yang Rontok, Ini 6 Penyebabnya

- Sabtu, 26 November 2022 | 21:05 WIB
Penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya. (Pixabay.com/super-mapio)
Penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya. (Pixabay.com/super-mapio)

HARIANHALUAN.COM - Salah satu masalah yang sering dialami para pencinta kucing adalah kerontokan bulu pada peliharaannya. Meskipun hal ini sering dianggap hal yang normal pagi pemilik kucing, namun ternyata itu dapat mengindikasikan bahwa kucing sedang mengalami penyakit tertentu dan perlu mendapatkan penanganan medis.

Oleh sebab itu, Harianhaluan.com merangkum beberapa penyebab dari gangguan kesehatan pada kucing yang disebut alopecia ini.

Baca Juga: Mahasiswi Cantik di Solok dapat Bayi Kucing Hutan dan Diserahkan ke BKSDA Sumbar

Berdasarkan tinjauan dari dr. Kevin Adrian yang dikutip dari alodokter.com, penyebab kerontokan pada bulu kucing bisa bersumber dari beberapa faktor, antara lain alergi, infeksi hingga kekurangan nutrisi. Berikut penjelasannya.

1. Infeksi

Bulu yang rontok pada kucing peliharaan bisa disebabkan oleh parasit seperti kutu dan tungau. Saat kucing terinfeksi parasit tersebut, kucing akan merasakan gatal yang membuatnya sering menggaruk bagian kulit. Hal itu bisa menimbulkan luka dan menyebabkan kerontokan.

Baca Juga: Keterlaluan! Anak SD Meninggal Usai Dipaksa Temannya Setubuhi Kucing

Parahnya, jika kucing telah mengalami infeksi pada bagian kulit dan kerontokan bulu, kucing peliharaan bisa sakit dan lemas.

Selain disebabkan parasit, infeksi juga bisa disebabkan oleh jamur atau bakteri yang mengakibatkan bulu kucing peliharaan rontok.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Makanan di Bawah 100 Kalori, Cocok untuk Diet

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:31 WIB
X