Muslimin, Ini Cara Pelaksanaan Salat Istikharah yang Baik dan Benar Supaya Hati Tentram

- Minggu, 27 November 2022 | 21:08 WIB
Tata cara salat istikharah/muslimah.com
Tata cara salat istikharah/muslimah.com

HARIANHALUAN.COM- Ibadah salat dalam agama Islam menjadi tanda kedekatan kepada sang Pencipta. Salat memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Sebagaimana salat fardhu 5 waktu yang wajib dilaksanakan seorang muslim. 

Keutaman salat sunnah lainnya pun memberikan ketenangan batin serta mencari petunjuk bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Seperti salat istikharah yang memiliki keutamaan dalam memohon petunjuk terbaik dari Allah. 

Baca Juga: Maldives Negara Muslim yang Miliki 1.190 Pulau dan Hanya 200 Pulau Berpenghuni

Salat istikharah merupakan shalat sunah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat. Salat sunnah ini umumnya dilaksanakan pada malam hari menjelang fajar. 

Salat istikhoroh dapat dilakukan kapan saja baik siang, maupun malam asalkan bukan di waktu terlarang yakni ketika matahari terbit, berada di tengah, hingga saat tenggelam. 

Salat istikharah sebagai bentuk ikhtiar batin ketika dihadapkan beberapa pilihan baik menyangkut jodoh, pekerjaan, pendidikan agar diberikan petunjuk yang terbaik.

Imam an Nawawi pernah menjelaskan bahwa shalat istikharah merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan pada setiap perkara. Banyak diantara kita yang menjadikan salat istikhoroh dalam menentukan pilihan agar hati terasa nyaman.

Namun perlu disadari bahwa shalat istikhoroh bukan untuk mendapatkan jawaban melainkan memantapkan pilihan agar apa yang kita pilih benar-benar yang terbaik.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X