6 Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan agar Tetap Tangguh di Jalanan

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:13 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Saat musim hujan merawat mobil sebenarnya tidak lah sulit. Hanya saja, Anda juga tidak boleh menganggap enteng kerusakan mobil yang bisa saja terjadi kapan saja, apalagi saat penghujan.

Pasalnya, beberapa masalah pada kendaraan kerap timbul saat musim hujan. Lantaran, air hujan yang telah tercampur partikel kotoran di jalan memiliki kandungan asam dan garam yang bisa merusak lapisan mobil beserta komponen mesin mobil.

Baca Juga: Biar Awet, Begini Cara Rawat Cover Mobil yang Benar

Berbagai risiko kerusakan komponen mobil seperti power lock, sistem ABS, sampai lampu mobil bisa terjadi saat musim hujan.

Tak hanya itu, bodi mobil jadi lebih mudah berkarat dan timbul aroma tidak sedap di dalam kabin mobil.

Daripada harus memperbaiki mobil, lebih baik merawatnya agar terhindar dari risiko kerusakan. Meski begitu, tidak cukup hanya merawatnya saja, Anda perlu memberikan proteksi terbaik kendaraan dengan asuransi mobil.

Baca Juga: Cara Rawat Shock Breaker Mobil di Musim Hujan, Wajib Dilakukan Biar Tetap Awet

Untuk itu, Duitpintar.com di bawah PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A selaku pialang asuransi yang menyediakan asuransi online yang terdaftar dan diawasi oleh OJK memberikan informasi mengenai tindakan atau antisipasi yang dapat dilakukan untuk merawat kendaraan saat musim hujan.

6 Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

1. Bilas dan keringkan mobil

Langkah pertama yang bisa dilakukan setelah mobil terkena air hujan, segera keringkan bodi mobil. Sebab, saat mobil masih penuh dengan lumpur bekas genangan air hujan akan meminimalisir potensi kerusakan pada bodi mobil.

Bila ingin mencuci mobil, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus mobil, air bersih, dan lap yang lembut.

Setelah dibilas, keringkan bodi mobil dengan menggunakan lap yang lembut agar tidak merusak cat mobil.

2. Bersihkan kaca dan pintu mobil

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X