Publik Soroti Foto Prewedding Kaesang Erina, Baiknya Kenali Asal-usul Pakaian Adat Sali

- Selasa, 6 Desember 2022 | 10:30 WIB
Publik Soroti Foto Prewedding Kaesang Erina, Baiknya Kenali Asal-usul Pakaian Adat Sali (Instagram kaesangp)
Publik Soroti Foto Prewedding Kaesang Erina, Baiknya Kenali Asal-usul Pakaian Adat Sali (Instagram kaesangp)

HARIANHALUAN.COM- Publik tanah air melalui media sosial (medsos) menyorot foto prewedding pasangan Kaesang-Erina. Foto calon menantu dan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi topik perbincangan di berbagai platform medsos.

Lantas ada baiknya kita mengenali asal dan usul dari pakaian adat yang dikenakan pasangan calon pengantin tersebut.

Kaesang dan Erina di dalam foto yang diunggah di Instagram pribadinya itu memakai baju adat, tapi hal semacam itu menjadi polemik dan dikomentari juga oleh aktivis yang fotonya tersebar di Twitter itu.

Baca Juga: Profil Veronica Koman, Penggiat HAM Papua yang Kritik Baju Prewedding Kaesang-Erina

Hal semacam itu pun menjadi salah satu polemik karena ada warganet yang pro dan kontra terhadap pakaian yang dipakai oleh Kaesang dan Erina.

"Foto prewedding @kaesangp: Noken khas Wamena. Harusnya pake koteka. Bukan Sali. Di Wamena, Sali biasanya hanya dipakai oleh perempuan. Sali/Cawat yang di foto itu khas pesisir pantai selatan (Mimika we, Asmat, Merauke dan sekitarnya). Mungkin konsepnya yang penting Papua," tulis salah satu akun Twitter @ArnoldBelau.

Nah, mari menilisik lebih jauh lagi apa sih, pakaian Sali itu? Dari mana asalnya? Siapa saja yang memakainya? Nah, hal semacam itu pun menjadi salah satu inti yang akan dituliskan di sini! 

Baca Juga: Obat Diet Favorit, Yuk Mengenal 8 Buah Berry yang Wajib Dicoba Serta Kandungannya

Mengenal pakaian adat, tentu Indonesia ini mempunyai pakaian adat yang bermacam-macam karena setiap daerah, pasti saja mempunyai pakaian adatnya sendiri. 

Papua pun tak hanya terkenal dengan kotekanya saja! Akan tetapi, masih ada lagi pakaian adat lainnya, seperti apa yang dikomentari oleh salah satu akun Twitter di atas itu! 

Dihimpun dari beberapa sumber bahwa pakaian Sali adalah salah satu busana resmi dan mewakili identitas pakaian adat dari Provinsi Papua

Kemudian, pakaian Sali itu adalah pakaian khusus wanita yang masih lajang atau belum menikah. Pakaian adat yang satu ini pun membuktikan bahwa pakaian adat Papua tak semuanya terbuka. 

Pakaian ini pun terbuat dari bahan yang terdapat dari lingkungan alam sekitar, yaitu kulit pohon lalu kulit pohon itu biasanya memiliki warna cokelat dan dulu, Sali mirip rok.

Tak hanya itu saja! Namun, dari segi warna pun mengartikan memang untuk ciri khas wanita yang masih lajang. Oleh karena itu, setelah wanita itu menikah maka tak diperbolehkan lagi untuk memakai pakaian adat ini. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X