Masa Pandemi, Saatnya Rajin Konsumsi Tempe untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Rahma Nurjana
- Jumat, 6 Agustus 2021 | 17:39 WIB
Ilustrasi tempe (Foto: Pixabay)
Ilustrasi tempe (Foto: Pixabay)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tempe, siapa yang tidak kenal dengan makanan yang tinggi protein ini. Dan tempe merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi di masa pandemi.

Seperti diketahui, makanan merupakan salah satu sumber yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat menolak masuknya virus.

"Makanan tinggi protein seperti tempe sangat dianjurkan untuk menjadi lauk setiap saat karena tempe adalah salah satu makanan tinggi protein yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas melawan penyakit dan membantu proses penyembuhan," kata dr. Farhan Zubaedi, nara sumber pada webinar bertajuk "Stay Well Stay Strong", dalam keterangannya, Jumat 6 Agustus 2021.

Dikatakan, setidaknya dibutuhkan 75-100 gram protein per hari untuk membantu proses pemulihan.

Tempe mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, lemak sehat dan serat.

"Oleh karena itu, mengonsumsi tempe yang tinggi protein dapat berpengaruh pada pasien yang terinfeksi Covid-19.” tutur dokter Farhan, dikutip dari pikiran-rakyat.com dengan judul Konsumsi Tempe Diklaim Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh.

Presiden Direktur PT Kobe Boga Utama, Dipa Utomo mengatakan, kampanye perlunya makan tempe ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan tubuh dan pikiran di masa pandemi. Karena ada hubungan yang kuat antara stress dan kekebalan tubuh, sehingga jika pikiran lebih banyak berisi emosi negatif, tentunya dapat menurunkan stamina tubuh.

"Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas dengan konsumsi makanan berkualitas. Tempe salah satu makanan yang dianjurkan karena mengandung banyak vitamin dan tinggi protein,” ujar Dipa.

Hal yang tak kalah penting dilakukan adalah mengarahkan pikiran agar tetap positif dan menjaga emosi tetap gembira agar imunitas tidak menurun.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X