Galamai, Oleh-oleh Khas Sumatera Barat yang Rasanya Legit Menggigit

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:00 WIB
Oleh oleh khas Sumbar, Galamai (Beautiful Indonesia)
Oleh oleh khas Sumbar, Galamai (Beautiful Indonesia)

HARIANHALUAN.COM - Penduduk Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh pasti tidak asing dengan Galamai, salah satu oleh-oleh khas provinsi tersebut.

Namun, bagi masyarakat yang tinggal di luar provinsi ini tentu ingin tahu apa sih Galamai yang disebut-sebut sebagai oleh-oleh khas Sumatera Barat ini?

Bagi Anda yang penasaran, berikut Harianhaluan.com bakal mengulas mengenai Galamai yang merupakan oleh-oleh khas Sumatera Barat yang rasanya legit menggigit.

Dilansir dari Indonesia Kaya, Galamai merupakan cemilan sejenis dodol atau jenang yang berkembang di Payakumbuh dan dijadikan salah satu oleh-oleh khas Sumatera Barat.

Namun, selain di Payakumbuh, oleh-oleh khas ini juga ditemukan di berbagai tempat di Sumatera Barat, seperti Solok, Pariaman, dan Pasaman.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 5 SD/MI Pamekar Diajar Basa Sunda Halaman 76 77: Carita Pondok Carpon

Penyebutan oleh-oleh khas Sumatera Barat ini juga bervariasi di tiap daerah, seperti galamai, kalamai, calamai dan gelamai.

Galamai sendiri sebenarnya adalah olahan yang mirip dengan dodol atau jenang, namun yang membedakannya adalah segi bahan.

Bahan yang digunakan untuk membuat dodol ini adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang telah disangrai.

Halaman:

Editor: Hudori Ahmad

Sumber: indonesiakaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X