Sepak Terjang Awaloedin Djamin, Ternyata Pernah Jadi Aktor di Film Pertama Indonesia

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
Awaloedin Djamin saat membintangi Film
Awaloedin Djamin saat membintangi Film

HARIANHALUAN.COM - Awaloedin Djamin merupakan mantan Kapolri sekaligus Jenderal bintang 4 asal Sumatera Barat. Pria yang lahir di Padang, 26 September 1927 ternyata juga pernah menjadi aktor dan bermain untuk sebuah film pertama Indonesia.

Awaloedin Djamin yang juga merupakan bapak Satpam Indonesia ini bermain di film Darah dan Doa yang rilis di tahun 1950. Film Darah dan Doa  juga merupakan film pertama Indonesia setelah statusnya menjadi negara merdeka sejak 17 Agustus 1945.

Awaloedin Djamin berperan menjadi Letnan Leo di film tersebut. Film darah dan Doa merupakan karya Usmar Ismail yang diproduksi pada tahun 1950 dan film ini menjadi produksi pertama Pusat Film Nasional Indonesia (Perfini). 

Baca Juga: Berkat Athari Batang Tapan Pesisir Selatan Kini Telah Dinormalisasi dengan Anggaran Rp32 Miliar

Syuting pertama film ini dimulai pada tanggal 30 Maret 1950 yang kemudian hari tersebut dirayakan sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keppres Nomor 25 tahun 1999. 

Cerita film ini berasal dari skenario penyair Sitor Situmorang, yang menceritakan seorang pejuang revolusi Indonesia yang jatuh cinta kepada salah seorang Gadis Jerman yang bertemu dengannya di tempat pengungsian.

Film Darah dan Doa bercerita perjalanan panjang prajurit Divisi Siliwangi RI, yang diperintahkan kembali ke pangkalan dari Yogyakarta ke Jawa Barat.

Baca Juga: Ada Agenda Tersembunyi Dibalik Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Pengamat: Manuver Demi Presiden 3 Periode

Hal ini dilakukan setelah Yogyakarta diserang dan diduduki pasukan Belanda lewat Aksi Polisionil.

Halaman:

Editor: Leo Farhan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X