Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:31 WIB

Berikut ini adalah karakteristik tumbuhan kunyit:

  1. Habitatnya semak
  2. Tinggi tumbuhan bisa mencapai ± 70 cm
  3. Batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang, dan hijau kekuningan
  4. Bunga majemuk, berambut, bersisik, tangkai panjang sekitar 16 sampai 40 cm, kelopak silindris, mahkota kuning, panjang ± 3 cm dan lebar ± 1,5 cm, bercangap tiga
  5. Akar serabut dan warna cokelat muda

Kunyit, bernama Latin Curcuma longa atau bersinonim dengan Curcuma domestica, adalah tumbuhan rempah-rempah asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit pun termasuk kelompok jahe-jahean Zingiberaceae. Hampir setiap orang Indonesia pernah mengonsumsi tumbuhan rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan maupun obat jamu untuk menjaga kesehatan.

Kunyit ini dikenal pula dengan sebutan khusus di beberapa daerah bahkan negara, seperti turmeric di Inggris, kurkuma  di Belanda, kunyit  di Indonesia dan Malaysia, janar  di Banjar, kunir  di Jawa, koneng  di Sunda, huni di Bima, konyè' di Madura, Kunyir di Komering, Cahang di Dayak Panyambung, Dio di Panihing, Uinida di Talaud, Kuni di Sangir, serta Alawaha di Gorontalo.

Menurut berbagai penelitian, kunyit Indonesia mengandung senyawa khasiat obat, yang disebut kurkuminoid atau kurkumin, dan zat-zat lain antara lain minyak atsiri, lemak sebanyak 1 hingga 3%, karbohidrat sebanyak 3%, protein 30%, pati 8%, vitamin C sekitar 45 hingga 55%, serta garam-garam mineral, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Tumbuhan kunyit biasanya bisa dipanen di usia 10 bulan, dengan berat rimpang rata-rata 6,30 gram setiap satu pokok tumbuhan kunyit, serta rata-rata kandungan kurkumin sebanyak 170,1 mg atau sebesar 2,7%. Analisis LCMS atau uji kombinasi kromatografi cair dan uji spektrometri massa pun membuktikan bahwa serbuk rimpang kunyit mengandung beberapa senyawa dengan konsentrasi bermacam-macam. Dan, senyawa kurkuminlah yang paling tinggi.

Manfaat Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak dan penyedap serta pewarna makanan. Selain itu, kunyit bisa digunakan sebagai obat-obatan alami. Kunyit pun memiliki warna kuning yang pekat, karena mengandung kurkumin.

Berikut ini beragam manfaat kunyit yang wajib kamu ketahui, karena kandungannya terutama kurkumin dan minyak atsiri:

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X