Penyebab, Gejala, dan Metode Pengobatan Herpes

- Senin, 23 Agustus 2021 | 22:40 WIB

Penyebab Herpes

Herpes merupakan salah satu kelompok virus yang dapat menginfeksi manusia. Virus tersebut yang menjadi penyebab penyakit herpes pada manusia. Dilansir melalui alodokter.com, virus herpes dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu alfa herpesvirus; beta herpesvirus; dan gamma herpesvirus. Alfa herpesvirus adalah jenis virus herpes yang paling sering menyebabkan infeksi.

Terdapat tiga kelompok Alfa herpesvirus, diantaranya:

Herpes simplex virus type 1 (HSV 1)

Virus herpes ini sering menyebabkan herpes oral (mulut) atau herpes labial (bibir). Herpes oral atau herpes labial bisa menyebar menjadi herpes kelamin (genital), apabila menerima seks oral dari penderita herpes oral. Penyebaran virus herpes ini terjadi ketika kontak langsung. Misalnya lewat berciuman, penggunaan alat makan dan minum bersama, dan aktivitas kontak langsung lainnya.

Herpes simplex virus type 2 (HSV 2)

Virus herpes ini merupakan penyebab utama dari herpes kelamin (genital). Virus herpes ini dapat menular melalui kontak langsung. Misalnya ketika berhubungan seksual.

Varicella-zoster virus (VZV)

Virus ini merupakan penyebab penyakit cacar air (varicella) dan cacar ular (herpes zoster) pada manusia. Penularan virus ini melalui kontak langsung dengan penderitanya. Selain itu, dapat ditularkan melalui percikan liur penderita yang keluar ketika bersin dan batuk.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ucapan 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:29 WIB

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X