Apa Itu Lampor? Ini Penjelasan Lengkapnya.

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 18:42 WIB

Lampor diyakini merupakan iblis dengan keranda terbang yang datang pada malam hari. Itulah alasannya ada larangan keras di Jawa Tengah untuk keluar rumah menjelang maghrib. Dari mitos yang beredar, jika warga keluar rumah di malam hari maka mereka bisa hilang lantaran dibawa Lampor dan tidak pernah bisa kembali. Sekalipun ada warga yang bisa kembali, mereka kembali dalam keadaan gila.

Ada pula kepercayaan masyarakat Jawa yang menyebutkan bahwa Lampor adalah anggota pasukan gaib Nyi Blorong. Keberadaan Lampor bisa diketahui dengan pertanda embusan angin kencang dari Laut Selatan yang melewati sejumlah daerah. Ketika angin kencang ini datang, masyarakat sekitar akan membuat suara gaduh dengan memukul-mukul kentung-kentung.

Dengan begitu, masyarakat berharap Lampor tidak melewati tempat tinggal mereka. Jika melewatinya, Lampor akan menyebabkan pagebluk atau musibah, seperti wabah hingga kematian. Karena itu, Lampor pun dipercaya masyarakat sebagai salah satu makhluk gaib yang bisa mengambil nyawa manusia yang dilewatinya. 

Mitos Lampor ini pun pernah diadaptasi menjadi film horor pada 2019, dengan judul yang sama yaitu Lampor : Keranda terbang. Film ini digarap oleh Guntur Soehardjanto sebagai sutradara beserta timnya. Film ini pun didukung oleh beberapa pemeran utama, antara lain Dyan Wiyoko dan Adinia Wirasti.

Film ini mengisahkan kendara terbang yang merupakan legenda mistis dari Temanggung. Secara garis besar, film Lampor : Keranda Terbang menceritakan tentang seseorang yang selama ini sangat realistis dan tidak percaya pada makhluk mistis. Dia harus berhadapan dengan hal-hal tidak masuk akal ketika pulang ke kampung halaman istrinya. Dia pun harus menyusun teka-teki misteri yang dia dapatkan satu per satu untuk terhindar dari petaka Lampor, karena tidak hanya dirinya yang terancam tapi juga semua orang yang dicintainya mulai terdesak akan ancaman Lampor. Dia dan istrinya harus melawan teror demi teror yang bermunculan, bahkan iblis-iblis pencabut nyawa yang membawa keranda terbang. Lampor ditampilkan dalam berbagai wujud dan peran yang berbeda-beda, berdasarkan histori tiap daerah. Namun, kesepakatan bulat pun tercipta bahwa Lampor selalu membawa keranda terbang ketika mendatangi suatu daerah.

Viralnya Video Lampor

Tentu, kamu yang suka film horor pernah menonton film berjudul Lampor : Keranda Terbang yang tayang pada tahun 2019 lalu. Namun, baru-baru ini dunia maya dikejutkan dengan video viral tepatnya pada bulan Juli 2021. Lantaran, sebuah akun TikTok memposting video tentang mitos keranda terbang yang diyakini orang-orang Jawa Tengah, khususnya Temanggung.  

Video tersebut diduga berlokasi di Malang, Jawa Timur ini dan diposting oleh akun TikTok milik @bang_jo26. Postingan ini telah ditonton puluhan ribu kali di TikTok. Selain menampilkan adanya keranda terbang, akun tersebut pun mengabarkan keresahan sejumlah warga. Mereka panik dan ketakutan, bahkan ada yang mengungsi dari wilayah tersebut. Banyak pula yang berpikiran logis dan tidak percaya terhadap mitos dan video keranda terbang itu.

Di media berita lain, dikatakan bahwa ada akun berbeda yang juga mengunggah video terduga Lampor dengan keranda terbang, yaitu @paijo. Dia pun menyatakan banyak warga yang resah karena keberadaan keranda terbang ini. Di video, ditunjukkan kondisi lingkungan sekitar tempat tinggalnya tapi tidak diberitahukan alamatnya dengan jelas.   

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X