Lakukan Cara Ini Jika Suka Mengantuk Setelah Makan Nasi

Milna Miana
- Senin, 30 Agustus 2021 | 07:10 WIB
Ilustrasi seseorang makan nasi (Shutterstock)
Ilustrasi seseorang makan nasi (Shutterstock)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nasi sudah menjadi makanan pokok Indonesia. Karbohidrat yang tinggi bisa menyebabkan rasa kantuk dan malas setelah memakannya.

Melansir dari Times of India melalui Suara.com, Senin (30/8/2021). ahli gizi selebriti India Pooja Makhija menjelaskan kenapa seseorang mengantuk setelah makan nasi dan cara untuk mencegahnya.

Baca Juga: Terinspirasi Puan Maharani, Relawan Buat Dapur Umum dan Berikan 6.000 Nasi Box untuk Masyarakat Kurang Mampu

"Nasi adalah makanan yang menenangkan dan favorit sepanjang masa di berbagai budaya. Ini tinggi karbohidrat dan merupakan bagian dari makanan yang sehat dan seimbang. Meskipun kadang nasi membuat kita mengantuk, bukan berarti nasi tidak sehat," catat Makhirja.

Semua karbohidrat memiliki efek yang sama pada tubuh, diubah menjadi glukosa yang membutuhkan insulin. Begitu ada lonjakan insulin, maka mendorong otak untuk memasukkan asam lemak esensial triptofan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Buruh Dapat Pembagian Nasi Kotak dari Polres Inhil

Proses ini menyebabkan melatonin dan serotonin meningkat yang merupakan hormon penenang dan menyebabkan kantuk. Respon sistem saraf yang benar-benar normal memperlambat tubuh sehingga tidak bisa fokus pada hal lain kecuali hanya pencernaan.

Namun Anda tak perlu khawatir sebab ada cara untuk mencegah kantuk di tengah hari ini usai makan nasi. Berikut adalah dua solusi sederhana untuk mencegah kantuk sehabis makan nasi, antara lain:

1. Makan lebih sedikit karbohidrat

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: suara.com

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X