Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah dan Tepat

- Senin, 30 Agustus 2021 | 20:04 WIB
Menghitung berat badan ideal. (Ruswanti)
Menghitung berat badan ideal. (Ruswanti)

Gaya hidup sehat dengan menerapkan diet yang baik sudah banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sayangnya, beberapa orang melakukan diet berlebihan dan tidak mengindahkan hal utama. Orientasi kebanyakan orang hanya menurunkan berat badan sebanyak mungkin. Padahal, hal utama dalam diet adalah mengetahui berat badan ideal.

Perhitungan Berat Badan Ideal

Perhitungan berat badan ideal dapat ditentukan berdasarkan tinggi badan, jenis kelamin, dan umur. Para peneliti telah merumuskan beberapa formula untuk menghitung berat badan ideal.

Berat Tubuh Ideal

Sebagian besar orang mulai memperhatikan bentuk tubuh mereka. Mereka berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan berbagai cara. Pemilik tubuh kurus berusaha untuk menambah berat badan, sedangkan pemilik tubuh gemuk berusaha menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan dan berolahraga.

Persepsi terhadap bentuk tubuh ideal dipengaruhi oleh berat tubuh terbentuk dari berbagai informasi di media seperti media sosial, TV, film, majalah, dan lain-lain.

Pada dasarnya, Berat Tubuh Ideal atau Ideal Body Weight memang dapat mempengaruhi penampilan fisik. Namun, perhitungan berat tubuh ideal tidak dapat dijadikan sebagai patokan kesehatan dan/atau kebugaran seseorang karena tidak mempertimbangkan faktor lain seperti persentase lemak dan otot tubuh.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berat tubuh ideal antara lain:

  • Orang tua dengan umur melebihi 70 tahun, mengalami proses pengurangan massa otot. Akibat dari penurunan massa otot, penumpukan kelebihan lemak dapat terjadi dengan mudah. Pada usia melebihi 70 tahun dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Jenis kelamin. Pada umumnya, berat tubuh wanita lebih kecil daripada pria. Perbedaan tersebut terjadi karena persentase lemak tubuh, massa otot, kepadatan tulang yang lebih rendah dan tinggi badan. Lemak tubuh wanita biasanya lebih banyak sedangkan pria memiliki massa otot yang lebih banyak. Massa lemak lebih kecil dibandingkan massa otot. Kepadatan tulang pria lebih rapat daripada wanita. Selain itu, biasanya pria memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada wanita. Hal tersebut mengakibatkan berat tubuh pria umumnya lebih berat.
  • Tinggi badan. Orang yang lebih tinggi memiliki tubuh yang lebih berat karna massa otot, lemak dan tulang yang lebih banyak. Pada pria dan wanita dengan tinggi sama, berat badan pria lebih berat sebanyak 20-30% seperti pada penjelasan sebelumnya.
  • Ukuran tulang. Jenis ukuran tulang dapat dibagi menjadi 3 yaitu tulang kecil, sedang, dan besar. Pada tulang yang lebih kecil memiliki massa yang lebih kecil dibandingkan ukuran tulang besar meskipun memiliki tinggi yang sama.

Kalkulator BMI

Halaman:

Editor: Ruswanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB

Makanan Ini Wajib Dihindari saat Pandemi Covid-19

Senin, 17 Januari 2022 | 08:55 WIB

Sony Batal Suntik Mati PS4 Karena PlayStation 5 Langka

Minggu, 16 Januari 2022 | 18:15 WIB

Biar Ada Manfaat, Mandi pun Ada Caranya, Yuk Simak!

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:40 WIB
X