Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Update Covid-19 Sumbar 2 Juli: Tambah 8 Kasus Baru Total Positif Capai 750 Orang

Update Covid-19 Sumbar 2 Juli: Tambah 8 Kasus Baru Total Positif Capai 750 Orang
Ilustrasi 

HARIANHALUAN.COM - Pasien yang terkonfirmasi positif di Sumatra Barat (Sumbar) menembus angka 750 orang yang dilaporkan hingga Kamis (2/7/2020) sore. Hari ini kembali terjadi penambahan delapan kasus positif yang berasal dari Kota Padang, Kota Solok dan Kabupaten Tanah Datar, sedangkan pasien sembuh bertambah 11 orang sehingga total 618 orang.

"Kota Padang sebanyak empat orang, Tanah Datar tiga orang dan Kota Solok satu orang," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Empat orang dari Kota Padang merupakan Pria 29 tahun warga Banda Buek, pekerjaan swasta (ngampas barang), Wanita 33 tahun warga Dadok Tunggul Hitam, pekerjaan tenaga kesehatan, Pria 45 tahun warga Rimbo Kaluang, pekerjaan Guru Tahfiz, dan Wanita 28 tahun warga Kampuang Lapai, pekerjaan tenaga kesehatan.

"Semua kasus di Kota Padang diduga terpapar dari pekerjaan dengan tiga orang isolasi mandiri dan satu orang penanganan di RST Dr Reksodiwiryo," lanjutnya.

Baca Juga : Ikut Yuk, Kompetisi Fotografi Pertamina Berhadiah Rp 32,5 Juta
Baca Juga : Ada Kepala Daerah Kurang Serius Tangani Corona, Mendagri Buka Suara


Sedangkan tiga orang warga Tanah Datar yang dinyatakan positif berasal dari Lubuak Bauak diantaranya, Wanita 31 tahun pekerjaan karyawan swasta, Wanita 67 tahun pekerjaan swasta, dan Pria 64 th status IRT, ketiganya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Terakhir satu orang dari Kota Solok merupakan, Pria 82 tahun warga Tanah Garam, pekerjaan pedagang, tidak ada riwayat kontak dan riwayat perjalanan (laporan RS), penanganan dirawat di RSUD M. Natsir.

Dua hari terakhir, Kota Padang kembali melaporkan kasus penambahan kasus positif terbanyak di Sumbar. Dengan penambahan tiga daerah tersebut maka total warga terkknfirmasi virus corona berjumlah 750 dengan rincian, dirawat di berbagai rumah sakit 49 orang atau 6,5 persen, isolasi diberbagai fasilitas 52 orang atau 6.9 persen, meninggal dunia 31 orang atau 4,1 persen dan sembuh 618 orang atau 82,4 persen.

Perolehan delapan warga positif berasal dari 1.916 sampel swab yang dikirim survailance dari berbagai rumah sakit di 19 kabupaten dan kota. 1.903 sampel diantaranya diperiksa oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Sedangkan 13 sampel lagi diperiksa oleh Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, yang mana keduanya dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra. 

"Satu penambahan pasien positif di Kota Solok merupakan hasil pemeriksaan Laboratorium RSUD M. Natsir Solok," kata Jasman.

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Ikuti kami di