Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu

Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu
Ilustrasi 

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur kembali mengeluarkan prediksi cuaca dan potensi gelombang untuk hari besok, Jumat (3/7/2020), pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Hal itu diungkap, Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Budi Imam Samiaji yang mengatakan, berdasarkan prediksi, akan ada potensi gelombang dengan tinggi 0.25 -1.50 Meter daerah Perairan Pesisir Barat Kabupaten Pasaman Barat hingga Pesisir Barat Kabupaten Pesisir Selatan.

"Potensi gelombang dengan tinggi 1.25-3.50 meter daerah perairan Pesisir Barat Bengkulu," kata Budi, Kamis, (2/7/2020).

Budi meminta kewaspadaan dengan adanya potensi gelombang dengan tinggi 1.50-3.50 meter daerah perairan barat Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Selatan, Pulau Enggano serta Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Samudra Hindia Barat Bengkulu.

"Kemudian prakiraan terjadinya pasang setinggi 1.1 meter, akan terjadi pada pukul 07.00 WIB dan surut dengan ketinggian 0.3 terjadi pada pukul 11.00 WIB," terangnya.

Budi mengharapkan diperhatian resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan, waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.25 meter, untuk kapal tongkang agar diwaspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter.

"Sedangkan untuk kapal Perry, untuk mewaspadai ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter serta untuk kapal ukuran besar (Kargo/Pesiar) diwaspadai ketinggian gelombang lebih dari 4.00 ," ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

Ikuti kami di