Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

28 Hari Nihil Positif, Dharmasraya Menuju Zona Hijau Covid-19

28 Hari Nihil Positif, Dharmasraya Menuju Zona Hijau Covid-19
Ilustrasi 

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN. COM - Terkonfirmasi sudah 28 hari tanpa adanya laporan kasus positif, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, berpotensi berada pada Zona Hijau pada penanggulangan penyebaran virus pandemi Covid-19, kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 setempat, dr Rahmadian, Kamis (02/07). 

"Kami mencatat tidak ada penambahan kasus baru hingga minggu keempat pelaksanaan tatanan kenormalan baru, atau New Normal," Ungkapnya, di Dharmasraya. 

Ia menegaskan, jika sampai 02 Juli 2020 terbukti tidak ada penambahan kasus penanganan baru, maka dipastikan Dharmasraya sudah berada pada Zona Hijau. Namun, masyarakat diminta masih harus waspada dan tetap diimbau untuk terus menjalankan standar protokol kesehatan hingga keadaan dinyatakan benar-benar aman dan terkendali.

"Masyarakat juga diimbau tetap mengurangi kegiatan diluar rumah dan tetap menggunakan masker jika berada diluar rumah dan hindari kontak langsung dengan menjaga jarak aman, " Pintanya. 

Baca Juga : Harga Emas Makin Berkilau, Pertimbangkan Ini Sebelum Beli
Baca Juga : Ketahuan Selingkuh? Jangan Panik, Ini 4 Hal yang Harus Anda Lakukan


Menurutnya, penerapan tatanan pelaksanaan  kenormalan baru bertujuan untuk memberi keseimbangan terhadap sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bisa kembali berjalan. 

Artinya, ulas dia, dengan kenormalan baru masyarakat harus terbiasa selalu menggunakan masker saat berada diluar rumah, selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan selalu menjaga jarak aman. 

"Status Zona Hijau bukanlah berarti masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa, melainkan harus selalu mengikuti anjuran dan aturan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, "tutupnya. 

Sebelumnya,  Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengkonfirmasi sebanyak 8 dari 11 kecamatan di daerah itu berada pada zona hijau dalam penanganan penyebaran virus Covid-19.

"Tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Koto Baru, Asam Jujuhan dan Pulau Punjung masih belum masuk kategori hijau meskipun  tidak ditemukan lagi kasus positif, tetapi warga kecamatan tersebut masih ada yang belum sembuh dan satu kecamatan masih menunggu status zona hijau pasca salah satu warga terpapar sudah dinyatakan sembuh, " Ungkap juru bicara gugus tugas tersebut, dr Rahmadian, 
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

Ikuti kami di