Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Erick Thohir Sebut Jokowi Akan Beri Kejutan Besar Awal 2021

Erick Thohir Sebut Jokowi Akan Beri Kejutan Besar Awal 2021
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan Jokowi akan memberikan kejutan besar terkait pembangunan luar Jawa pada awal 2021.  

HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan kejutan pada awal tahun depan. Meski enggan mendahului Kepala Negara dan membocorkan kejutan tersebut, Erick mengatakan kejutan besar itu akan berkaitan dengan pembangunan besar di luar Pulau Jawa.

"Pak Jokowi bilang ada 10 Bali Baru dan saya engga bisa bilang lebih panjang. Tapi pasti ada surprise dari Pak Jokowi di awal tahun depan yang saya engga bisa sampaikan hari ini," ungkapnya lewat video conference pada Kamis (2/7).

Ia bilang keputusan Jokowi memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur akan disusul dengan pembangunan lainnya di luar Pulau Jawa. Pembangunan akan dilakukan untuk menopang pergeseran demografi yang ada.

"Intinya, urbanisasi harus mulai di-mapping, kota-kota di Indonesia pembangunan, reinvestment (investasi ulang) tidak ada lagi di kota-kota tua," lanjutnya.

Baca Juga : Bupati Sleman Tuai Pujian Warga Net, Dibilang Mirip Obama
Baca Juga : Diduga Akibat Sisa Pembakaran Sampah, 7 Kios di Simpang Jambak Ludes Dilalap Api


Erick bilang pemerintah tengah memetakan (mapping) daerah-daerah target urbanisasi demi menyukseskan pergeseran penduduk tersebut. Selain itu, ia menyebut pemerintah akan memangkas investasi pembangunan di kota-kota besar dan menggesernya ke kota pinggiran atau daerah luar.

Pembangunan tersebut, lanjutnya, harus sesuai dengan misi Indonesia menjadi satu dari lima negara (top 5) terbaik di dunia pada 2045. Salah satunya adalah memaksimalkan sumber daya alam dan manusia Indonesia yang merupakan modal utama Indonesia bersaing dengan global.

Rencana pemerintah, katanya, searah dengan misi tersebut. "Suka tidak suka seperti di Indonesia, sumber daya alam menjadi salah satu kekuatan sendiri," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNNIndonesia /  Editor : Heldi Satria

Ikuti kami di