Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Tim Kukerta Mahasiswa UNRI di Lembah Melintang Buat Handsanitizer dari Jeruk Nipis

Tim Kukerta Mahasiswa UNRI di Lembah Melintang Buat Handsanitizer dari Jeruk Nipis
Proses pembuatan hand sanitizer oleh tim Kukerta relawan UNRI. 

HARIANHALUAN.COM - Hand Sanitizer merupakan salah satu barang terpenting di masa pandemi virus Covid-19. Perannya bisa dijadikan alternatif sebagai pembersih tangan saat tidak ada air, terlebih saat mewabahnya pandemi Covid-19 ini. Handsanitizer dan masker pun menjadi benda yang sulit ditemukan dan dicari beberapa waktu lalu. 

Berdasarkan itulah tim relawan Kukerta mahasiswa UNRI di Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat berinisiatif untuk membuat hand sanitizer dari bahan alami. Selain bahan yang mudah didapatkan, cara membuatnya juga tidak sulit sehingga bisa diproduksi sendiri oleh masyarakat di rumah masing-masing.

Hand sanitizer alami ini juga dipercaya akan mampu untuk membunuh kuman. Bahan yang digunakan adalah daun sirih dan jeruk nipis yang mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk melindungi dari kuman. "Hand sanitizer alami ini memang layak menjadi alternatif bagi masyarakat di saat pandemi ini," kata Ketua tim, Toto Asnawi. 

Dalam pembuatan hand sanitizer ini, tim Kukerta Relawan Ujung Gading juga membuat video tutorial tentang cara membuat hand sanitizer yang nantinya akan diposting di Instagram dan kanal Youtube Tim Kukerta Relawan Lembah Melintang. "Harapannya agar dapat menjadi referensi bagi masyarakat yang ingin membuat dirumahnya sendiri. Sehingga masyarakat memiliki alternatif lain untuk tetap menjaga kebersihan," tutup Toto. (*)

Baca Juga : Ulang Tahun ke-60, Pemeran Zorro Ini Umumkan Positif Covid-19
Baca Juga : Pemprov Sumbar Dukung Kebijakan All Out untuk Antisipasi Covid-19


loading...
 Editor : Agoes Embun

Tags
Corona
Ikuti kami di