Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Lewat Tagar #PapaJuara, Refrizal Bakal Unjuk Diri di Pilbup Padang Pariaman

Lewat Tagar #PapaJuara, Refrizal Bakal Unjuk Diri di Pilbup Padang Pariaman
Refrizal. 

HARIANHALUAN.COM - Lewat tagar #papajuara (Padang Pariaman Juara), Refrizal bakal unjuk diri dalam memperebutkan kursi nomor satu di Kabupaten Padang Pariaman dalam kontestasi Pilkada 2020 Desember mendatang.

Tagar #papajuara berarti program yang diusung menjadikan Padang Pariaman juara dalam segala bidang, seperti juara bidang ekonomi, kesehatan, religius, juara olahraga, juara kesehatan dan lainnya.

Mengenal sosok Refrizal, Ia kelahiran Padang, 20 Agustus 1959 lalu, merupakan seorang politisi senior Partai Keadilan Sejahtera yang ditugaskan di Komisi VI DPR RI. Refrizal menjadi anggota DPR RI sejak periode 2004-2009 dan terpilih kembali sampai dengan sekarang. Ia ditugaskan menjadi anggota Komisi IV DPR RI dan Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI. Di Komisi IV tersebut, Ia membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.

Refrizal terpilih kembali untuk ketiga kalinya menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili Dapil Sumatera Barat II setelah memperoleh 25,568 suara. Refrizal adalah legislator dan politikus senior PKS di Sumatera Barat. Ia merupakan anggota Majelis Syuro dan MPP PKS sejak 2005 hingga 2010.

Refrizal adalah seorang pengusaha dan pemilik dari produsen pakaian muslim, PT Mazida Industry.  Pada masa kerja 2014-2019 Refrizal bertugas di Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, investasi dan BUMN. Tahun 2011 ketika menjadi Ketua Panitia Kerja Evaluasi Penggunaan Ruang di Gedung DPR-RI, Refrizal menyetujui proyek Ruang Banggar (Badan Anggaran) senilai Rp 20 milyar.

Pada Pilkada Serentak 2015 lalu, Ia dicalonkan menjadi Calon Bupati Padang Pariaman berpasangan dengan Happy Neldy dari Gerindra. Kemudian April 2016, Refrizal dipindahkan komisi dan bertugas di Komisi XI DPR-RI.

Bakat politiknya sudah terlihat sejak di bangku sekolah, Refrizal sudah gemar berorganisasi. Ia pernah diamanahkan sebagai Ketua OSIS STM III (1977-1978) dan Aktivis di Pelajar Islam Indonesia.  Bakat berorganisasinya berlanjut ketika di bangku kuliah. Refrizal adalah Ketua Senat Mahasiswa Jurusan IPS di Fakultas Tarbiyah. Tahun 2004, Ia kemudian bergabung menjadi kader PKS dan menjadi anggota Majelis Syuro dan MPP PKS (2005 hingg 2010). 

Pada Pileg 2014 Refrizal maju mencalonkan diri menjadi calon legislatif dan terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2004 hingga 2009. Refrizal terpilih kembali di Pileg 2009 dan lagi di Pileg 2014 menjadi Anggota DPR-RI. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Ikuti kami di