Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks

Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks
Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan melaksanakan kunjungan ke Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020) siang. 

HARIANHALUAN.COM - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan melaksanakan kunjungan ke Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020) siang. Kedatangan orang nomor satu di Polres Sijunjung ini dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi dengan warga setempat serta menekankan kepada warga supaya jangan mudah terseret isu hoaks, terlebih masa Pilkada yang semakin dekat.

Dalam kunjungan ini, Kapolres beserta beberapa pejabat utama Polres Sijunjung disambut Camat Sumpur Kudus, Wali Nagari se Kecamatan Sumpur Kudus, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta bundo kanduang di Sumpur Kudus. Usai penyambutan Kapolres beserta rombongan, Wali Nagari Sumpur Kudus Sarijal, S.A dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kapolres.

Dikatakannya, dalam laporan awalnya bahwa nagari aliran Sumpu terdiri dari Nagari Sumpur Kudus, Nagari Silantai, Nagari Unggan dan Nagari Mangganti. Yang terjadi sekarang ini adalah kenakalan dan kriminalitas yang sangat tinggi. Sehingga pihaknya berharap adanya anggota kepolisian berada di Nagari tersebut. 

“Kami bermohon kepada Kapolres untuk menempatkan personilnya dan agar kami dibuatkan Pos Polisi dalam rangka mengantisipasi kriminalitas dan gangguan Kamtibmas lainnya. Pos polisi tersebut akan dibangun di Nagari Sumpur Kudus,” katanya.

Baca Juga : Pesantren Taruna Rabbani Mulai Dibangun di Solok Selatan
Baca Juga : Wah! Ternyata, Kanker Ganas Pertama Kali Ditemukan di Fosil Dinosaurus


Di akhir kegiatan, Kapolres Sijunjung menyampaikan pesan-pesan kamtibmas di sela kunjungan kerjanya. AKBP Andry menyebut bahwa situasi Kamtibmas adalah merupakan tanggung jawab bersama. “Walaupun Polri merupakan leading sektor dan ujung tombak antisipasi keamanan dalam negeri, namun tanpa ada bantuan bersama kamtibmas tidak akan terkendali,” ucap Kapolres. 

Unsur persatuan ninik mamak dan tokoh masyarakat masih terjalin dengan baik merupakan modal dasar dalam rangka menjamin kerukunan antara masyarakat. “Dengan hidupnya ketokohan ini sangat baik dalam rangka antisisi konflik sosial dan tapal batas dikarenakan nagari berbatas dengan daerah atau Kecamatan di luar Sijunjung,” imbuhnya. 

Kemudian, AKBP Andry Kurniawan juga menitipkan Bhabinkantibmasnya agar diperdayakan untuk menangani kasus-kasus yang terjadi. “Terhadap warga ada yang melanggar hukum jangan sekali-kali main hakim sendiri dan ada masalah diadakan musyawarah dengan FKPM, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di masing-masing Nagari,” sebutnya.

Terhadap isu ilegal logging yang berdampak pada musibah bencana alam, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan penghijauan kembali dengan menanam pohon. Sehingga dapat mengantisipasi banjir dan longsor pada musim hujan. Terakhir kata Kapolres, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di bulan Desember 2020 mendatang, dia mengimbau masyarakat untuk bersama mensukseskanya. “Hindari isu yang belum tentu kebenarannya (hoaks)," tutup mantan Kapolres Pariaman ini. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Ikuti kami di