Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Sepekan Terakhir, Sumbar 2 Kali Diguncang Gempa Bumi

Sepekan Terakhir, Sumbar 2 Kali Diguncang Gempa Bumi
Ilustrasi 

HARIANHALUAN.COM - Selama sepekan terakhir, setidaknya Sumatera Barat (Sumbar) diguncang dua kali gempa bumi. Hal tersebut berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dari Stasiun Geofisika Padang Panjang.

"Dari periode 7 hingga 14 Agustus 2020, setidaknya gempa bumi terjadi sebanyak tiga kali, berdasarkan data yang terdapat di situs kami, namun yang satunya terjadi di Sumatra Selatan" kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKGPadang Panjang, Mamuri, Jumat (14/8/2020).

Lanjut Mamuri, gempa bumi pertama terjadi pada tanggal 9 Agustus 2020 lalu di Kabupaten Pesisir Selatan pukul 09.06 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 3.8 magnitudo yang berada pada 50 kilometer Barat Daya Painan.

Kemudian gempa bumi kedua terjadi di Tiku Kabupaten Agam, yang berkekuatan 3.0 magnitudo sekitar pukul 19.00 WIB. Gempa tersebut berada pada 58 kilometer Barat Daya Tiku Kabupaten Agam.

Baca Juga : OTG Corona Bisa Isolasi di Rumah, dr Reisa Bagikan 7 Tips Cara Pemulihannya
Baca Juga : Mulyadi Ajak Bersatu Membantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Secara Ekonomi


Terakhir, gempa bumi yang terjadi di Sumatera Selatan, memiliki kekuatan 4.0 magnitudo terjadi pada pukul 02.03 pagi, pada Jumat 14 Agustus 2020. Gempa tersebut berada pada 21 kilometer Barat Daya Musibanyuasin. Ia menambahkan jika tiga kali gempa bumi yang masuk dalam pantauannya merupakan gempa bumi dangkal. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
loading...
Ikuti kami di