Harianhaluan.com | Berita Harian Terkini

6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Apa Saja?

6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Apa Saja?
Ilustrasi makanan 

HARIANHALUAN.COM - Banyak makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Termasuk sayuran, meski tergolong sehat tetapi tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut.

Alasannya, karena sayuran ini secara tidak langsung memiliki kadar gula yang cukup tinggi atau biasa disebut indeks glikemik.

Gula tersebut bisa terlihat pada rasa sayuran yang manis atau juga pada sayuran berpati yang biasanya bercita rasa manis. Pati sebaiknya dihindari karena akan berubah menjadi gula nantinya. 

Seperti dilansir dari GridHEALTH.id, berikut adalah 6 sayuran yang sebenarnya tetap boleh dilakukan tapi dalam jumlah yang sedikit dan frekuensi yang dibatasi;

1. Kentang 

Sayuran yang tumbuh di dalam tanah umumnya punya indeks glikemik tinggi yang bisa mengakibatkan kadar gula darah naik. Kentang harus dihindari karena juga merupakan sayuran berpati. 

2. Kacang

Kacang memang tidak terasa manis, tapi tergolong makanan berpati. Karena itu lebih baik dikonsumsi dalam porsi tertentu dengan cara direbus atau dipanggang. 

3. Tomat

Tomat sebenarnya punya rasa manis yang kuat meski rasanya dominan asam. Untuk penderita diabetes, hindari banyak makan tomat mentah ataupun yang ada dalam makanan. 

4. Buncis

Sama seperti kentang, buncis juga termasuk makanan berpati sehingg harus dihindari atau dibatasi konsumsinya.

5. Jagung

Jagung punya rasa yang manis, terutama jagung manis.  Tapi jagung yang tidak manis pun tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Alasannya karena jagung merupakan makanan berpati. 

6. Ubi 

Segala jenis ubi harus dihindari terutama ubi yang bercita rasa manis seperti ubi ungu dan ubi kuning. 

Sebab, semua jenis ubi juga memiliki kandungan pati yang tinggi. Namun, jumlah patinya masih lebih rendah daripada kentang. 

Lantas,  sayur apa yang baik bagi penderita diabetes? Pilih sayur yang mengandung banyak serat dan mudah cerna. Contohnya brokoli, bayam dan sawi serta sayuran hijau lainnya. (*)

Baca Juga : Wajib Tahu Sebelum Membeli, Inilah Perbedaan LCD dan LED pada Televisi

Baca Juga : Keris Pangeran Diponegoro Diperlihatkan ke Publik


 Sumber : Gridhealt.id /  Editor : Milna Miana
loading...
Follow Social Media Kami
Kata Kunci :
Berita terkini