Logo Harianhaluan

Longsor, Jalan Bukittinggi-Malalak Putus Total

Longsor, Jalan Bukittinggi-Malalak Putus Total
Petugas Polsek IV Koto menutup jalan ke Malalak karena terjadi longsor, Jumat (27/11). 

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan sejak beberapa hari ini, mengakibatkan akses jalan alternatif Bukittinggi - Padang via Malalak putus  total tertimbun tanah longsor, tepatnya di KM 17 Batu Apit Jorong Limau Badak Nagari Malalak Timur Kec. Malalak Kab. Agam.

Kapolsek IV Koto, Iptu. Dedi Kurnia mengatakan, jalan alternatif Bukittinggi - Padang via Malalak sejak Jumat, dinihari tidak bisa dilalui, karena tertimbun tanah longsor sepanjang 200 meter dengan ketinggian sekitar 10 meter. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Baca Juga : Siswa MA Jurusan Agama Tidak Bisa Masuk Politeknik, Ini Tanggapan Kemenag Sumbar

"Lokasi longsor merupakan daerah perbukitan yang sangat labil. Tempat ini sudah sering terjadi longsor,  di lokasi ini tidak ada perkampungan penduduk," kata Dedi Kepada Haluan melalui selular, Jumat (27/11).

Upaya yang dilakukan saat ini jelasnya, telah berkoordinasi dengan BPBD Kab. Agam dan Dinas PU Provinsi Sumbar untuk menyingkirkan material yang menimbun badan jalan.

Baca Juga : Satlantas Polres Pessel Gelar Sosialisasi dan Bagi-bagi Masker

"Alhamdulillah, satu unit alat berat telah bekerja menyingkirkan material. Kita meminta tambahan alat berat lagi agar pekerjaan ini cepat selesai," ucapnya.

Ia meminta kepada masyarakat agar mencari jalan lain, karena saat ini jalan tidak bisa dilalui. Jika kondisi hujan, jalan ini masih rawan longsor sangat beresiko apabila melewati jalan itu.

Baca Juga : Pebriyanti Putri Sapari Terpilih Jadi Ketua IBI Padang Pariaman

"Agar masyarakat tidak lewat jalan itu, kami telah memasang pengumuman di simpang jalan  malalak - Bukittinggi Maninjau," ungkapnya.(*).
 

Reporter : Yusril | Editor : Rahma Nurjana
Tag :
News