Logo Harianhaluan

Jabatan Gubernur Sumbar Berakhir 12 Februari 2021

Jabatan Gubernur Sumbar Berakhir 12 Februari 2021
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Dok detik.com 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar masih menunggu informasi dari pemerintah pusat tentang jadwal pelantikan Gubernur terpilih, jelang berakhirnya masa jabatan Gubernur saat ini pada 12 Februari 2021 nanti.

"Saya 12 Februari selesai,saya juga tidak mau otak-atik urusan orang lain (Gugatan Nasrul Abit dan Muyadi diterima MK)," kata Irwan usai menyerahkan SK CPNS di Lingkungan Pemprov Sumbar Formasi Tahun 2019, di Auditorium Gubernuran, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Irwan pun enggan berkomentar lebih jauh. Dia hanya menegaskan bahwa cuma bertugas sampai tanggal 12 Februari, setelah itu tunggu saja info berikutnya dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Jadi jangan nanya ke saya, saya tidak tahu. Kalau nanya kerjaan boleh," tukas Irwan.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana mengatakan, berdasarkan aturan bahwa Penjabat (Pj) sudah harus ditetapkan sebelum masa jabatan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit berakhir pada 12 Februari 2021.

"Hingga sekarang kami masih terus berkomunikasi dengan kawan-kawan di Kemendagri. Namun, memang belum ada perkembangan. Jadi, ya kami sekarang masih menunggu," kata Iqbal.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Iqbal menjelaskan,penunjukkan Pj Gubernur ini langsung ditetapkan oleh Kemendagri tanpa campur tangan dari pemerintah daerah. Hal ini tidak serupa dengan penunjukan Pj Bupati dan Wali Kota yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah.

"Semuanya Kemendagri yang menentukan. Kami sifatnya cuma menerima saja," kata Iqbal lagi.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menerima permohonan registasi gugatan atas proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumbar, maka Sumbar dipastikan akan dipimpin seorang Pj Gubernur setelah jabatan gubernur saat ini yang diembat Irwan Prayitno berakhir pada 12 Februari 2021.(*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana