Logo Harianhaluan

Jabatan IP Segera Berakhir, Kemendagri Belum Tetapkan Pjs Gubernur Sumbar

Jabatan IP Segera Berakhir, Kemendagri Belum Tetapkan Pjs Gubernur Sumbar
Kantor Gubernur Sumbar. Dok Wikepidia 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Akibat diterimanya sejumlah gugatan Pasangan Calon (Paslon) oleh Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat belum dapat melantik gubernur dan wakil gubernur definitif periode 2021-2026, hingga ada putusan.

Sedangkan putusan MK terkait gugatan, berakhir 24 Maret 2021. Sementara Irwan Prayitno sebagai gubernur aktif, akan mengakhiri jabatannya pada tanggal 12 Februari 2020 mendatang. Namun hingga saat ini belum ada pejabat sementara (Pjs).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Diakui Irwan, bahwa masalah penggantinya sebagai gubernur bukan urusannya, melainkan wewenang Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Termasuk juga siapa nama orang yang mengganti sebagai Pjs.

"Itu urusan Kemendagri soal pengganti. Saya bertugas hanya menjalani tugasnya sebagai gubernur hingga tanggal 1 Februari," katanya.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Diinformasikan, bahwa gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) paslon gubernur nomor 2 Nasrul Abit-Indra Catri dan Mulyadi-Ali Mukhni diterima MK. Kemudian salah satu paslon yakni NA-IC telah menyatakan siap untuk mengikuti sidang.

"Sejumlah saksi dan dokumen sebagai barang bukti dalam persidangan di MK dan persyaratan permohonan sudah jauh-jauh kami siapkan," kata NA-IC melalui kuasa hukumnya, Vino Oktavia.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Diakui Vino, dalam persidangan, pihaknya akan menghadirkan 10 saksi. Kemudian untuk barang bukti yang dihadirkan nanti sekitar 20 lebih.

"Sekitar 20 barang bukti, saksi 10 orang. Delapan saksi merupakan saksi fakta sedangkan dua saksi merupakan ahli," imbuhnya.(*)

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Milna Miana