Logo Harianhaluan

Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang
Salah satu penampakan tanaman hias di Padang.  

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 mewabah di Kota Padang, Provinsi Sumbar, tanaman hias jenis keladi menjadi salah satu tanaman yang paling banyak dicari masyarakat, apalagi kaum emak-emak. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mengoleksi tanaman hias itu.

Salah seorang penjual bunga di Lubuk Minturun, Qora mengatakan, untuk saat ini yang paling banyak dicari tanaman hias jenis keladi. Keladi yang diminati tersebut, seperti caladium white queen, caladium spring fling atau keladi pink, caladium freida hemple atau keladi bicolor.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

"Keladi yang banyak dicari sekarang, seperti keladi pink, keladi bicolor. Pokoknya yang keladi ini suka sekali masyarakat sekarang," kata Qora saat ditemui, kemaren.

Qora menuturkan, masyarakat yang datang mencari tanaman hias ini tidak hanya dari kota Padang saja. Tetapi juga dari berbagai daerah di Sumbar, seperti di Batusangkar, Bukittinggi, Solok, hingga Pariaman.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Qora menyebutkan, bahwa yang membuat masyarakat menyukai tanaman hias jenis keladi ini lantaran pilihannya banyak, dan itu memiliki keunikan tersendiri. Maka tak heran banyak ibu-ibu rumah tangga yang minat.

"Keladi philodendron banyak juga yang suka karena dalam satu tangkai itu warnanya bisa dua macam. Jadi wajar harganya juga sedikit mahal," ujar Qora.

Bicara mengenai harga, kata Qora, tergantung jenis keladinya dimulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Kalau jenis keladi philodendron yang runcing berwarna hijau Rp25.000 per pot kecil, rata-rata yang di pot ukuran kecil Rp25.000.

"Kalau keladi philodendron yang hijau tua Rp50 ribu per pot dengan dua daun. Sedangkan keladi philodendron yang dua warna mulai dari Rp100 ribu lebih," kata Qora merinci.

Sementara itu, salah seorang pembeli tanaman hias, Gusnimar mengatakan, saat ini sedang musimnya berbunga, dimana-mana hobi masyarakat rata-rata koleksi tanaman hias.

"Jadi saya berinisiatif untuk nambah koleksi tanaman hias. Karena dari dulu sudah suka bunga, kini makin semaraknya tanam bunga," ujar Gusnimar.

Gusnimar menyebutkan, dirinya menyukai bermacam-macam tanaman hias. Akhirnya dia pun ikut latah mencari tanaman hias jenis keladi. Sekarang yang belum punya keladi batik.

"Sekarang lagi mencari keladi batik karena unik bentuknya. Terus nyari kaktus ekor tupai, menarik kalau dilihat, bisa menjalar panjang," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana